PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI NILAI ISLAMI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Haris Munandar, Yusrizal Yusrizal, Mustanir Mustanir

Abstract


pendidikan karakter di sekolah memerlukan pemahaman tentang konsep, teori, metodologi dan aplikasi yang relevan dengan pembentukan karakter dan pendidikan karakter. LKPD diyakini juga berkontribusi dalam pembentukan karakter peserta didik. LKPD konvensional hanya berorientasi pada pemahaman ilmu kimia. Sementara LKPD yang diperkaya dengan integrasi nilai Islami dihasilkan LKPD modifikasi atau disebut dengan LKPD berorientasi nilai Islami. LKPD ini diterapkan pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh pada materi hidrolisis garam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter peserta didik dengan menggunakan LKPD berorientasi nilai dan juga untuk mengetahui respon peserta didik selama menggunakan LKPD berorientasi nilai Islami pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Desain penelitian ini menggunakan desain eksperimen One Group Pretes-Postes Design. Data pretes dan postes diolah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep, sedangkan hasil observasi dan skala sikap diolah untuk mengetahui peningkatan nilai-nilai karakter pada diri peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep peserta didik untuk setiap indikator meningkat dengan rata-rata peningkatan mencapai 55,23%, sedangkan karakter peserta didik juga meningkat dengan rata-rata peningkatan mencapai 24,57%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berorientasi nilai Islami dapat meningkatkan pemahaman konsep dan karakter peserta didik pada materi hidrolisis garam.


Keywords


Lembar kerja peserta didik, nilai Islami, pemahaman konsep, karakter, hidrolisis garam

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia



Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)

ISSN 2338-4379  (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email     : jpsi@usk.ac.id

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.