EFEKTIVITAS PENDEKATAN MIKROSKOPIK DALAM LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas pendekatan mikroskopik dalam LKPD terhadap pembelajaran serta pemahaman konsep dan berpikir kritis peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian dilakukan di MAN Tungkop Kabupaten Aceh Besar dengan sampel penelitian terdiri atas dua kelas XI IPA dan melibatkan dua validator sebagai penilai kualitas LKPD.Penelitian ini menggunakan metode R & D model 4-D (pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran/implementasi) dengan desain eksperimen only post-test design.Tahap pengembangan dilakukan terdiri atas uji coba LKPD dan uji validasi.Tahap implementasi dilakukan setelah LKPD dinilai valid sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.Pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi, post tes, observasi dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan statistik non parametrik uji beda rata-rata kelompok bebas (uji Mann Whitney) menggunakan software SPSS 17.
Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pengembangan diperoleh bahwa LKPD yang dikembangkan telah validdengan persentase rata-rata >55%.Sedangkan pada tahap uji coba LKPD diperoleh nilai tes rata-rata peserta didik sebesar 63,94, hal ini menunjukkan bahwa LKPD ini layak digunakan dalam pembelajaran. Pada tahap implementasi, hasil uji Mann Whitneydiperoleh nilai signifikan 0,00 baik untuk pemahaman konsep maupun kemampuan berpikir kritis. Nilai signifikan yang diperoleh kurang dari α (0,05) maka H0 ditolak yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan baik terhadap pemahaman konsep maupun kemampuan berpikir kritis antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan mikroskopik dalam LKPD yang telah dikembangkan efektif terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.