PEMAHAMAN KONSEP TITRASI ASAM BASA SISWA SMAN 2 BANDA ACEH PADA PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT EXCEL

Nurhafidhah Nurhafidhah, Ibnu Khaldun, Marlina Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa SMAN 2 Banda Aceh pada materi titrasi asam basa setelah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Excel. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Banda Aceh dengan sampel penelitian terdiri atas dua kelas XI IPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Sebelum digunakan, instrumen dan media divalidasi oleh pakar. Pengolahan data menggunakan rumus persentase dan uji statistik non parametrik, yaitu uji beda rata-rata (uji Mann Whitney) dengan software SPSS 17. Hasil penelitian diperoleh media yang valid dan layak dengan persentase 79,41% dari ahli media dan 77,30% dari ahli materi. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih sebesar dari kelas kontrol. Nilai N-gain kelas kontrol 62% kategori sedang. Selain itu, Hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikan 0,00 kurang dari α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada pemahaman konsep siswa, antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Tanggapan siswa terhadap penerapan media sangat positif, yaitu 69,5% setuju. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Excel dapat mempengaruhi pemahaman konsep siswa SMAN 2 Banda Aceh pada materi titrasi asam basa.


Keywords


media interaktif, pemahaman konsep, Microsoft Excel

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia



Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)

ISSN 2338-4379  (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email     : jpsi@usk.ac.id

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.