PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dan penilaian portofolio pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan adanya kelas perbandingan pada kelompok kontrol terhadap tes awal dan tes akhir. Tehnik pengambilan sampel dilakukan secara random dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas XA sebagai kelompok eksperimen dan XB sebagai kontrol di MAS Al-Furqan Bambi tahun ajaran 2014-2015. Pengumpulan data dilakukan dengan soal pilihan ganda dan uraian yang dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian yang diperoleh terhadap nilai tes awal sebesar 46% dan tes akhir 76,7%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan proses pada materi suhu dan kalor.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.