PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul praktikum berbasis open ended, serta menganalisis pengaruhnya terhadap tingkat kreativitas siswa setelah diterapkan modul. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode research and development (R&D) dengan model pengembangan analysis, design, develop, implement, and evaluate (ADDIE).Subjek penelitian siswa kelas XI IPA 1 SMAN I Simeulue Tengah yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa modul, soal tes, angket tanggapan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas modul dalam katagori baik, selain itu juga respon siswa terhadap modul yang dikembangkan sangat posisif. Peningkatan kreativitas siswa tertinggi terdapat pada indikator luwes (fleksibelity) dengan N-Gain yaitu 0,84% dan termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan yang terendah N-Gain yaitu 0,74% namun masih dalam kategori tinggi. Uji statistik dengan taraf signifikansi 0,05% menunjukkan nilai thitung 1,88 > ttabel 1,71, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan modul praktikum berbasis open ended pada materi fluida dinamis dapat meningkatkan kreativitas siswa secara signifikan
Keywords
Pengembangan modul praktikum, pendekatan open ended, kreativitas
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.