MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN BUKU SAKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Fatma Zuhra, Muhammad Hasan, Rini Safitri

Abstract


Learning cycle adalah salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis. Model pembelajaran ini mulanya ada 3 tahap, selanjutnya mengalami perkembangan menjadi 5 tahap dikenal dengan 5E, lalu dikembangkan menjadi 7E yang menekankan transfer pembelajaran dari pengetahuan awal. Salah satu kelebihan dari model pembelajaran learning cycle adalah mampu mengembangkan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 7E. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu pada materi hukum Newton dengan populasi seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri I Bireuen. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X IPA I sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X IPA G sebagai kelas kontrol pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk melihat hasil belajar peserta didik adalah tes berbentuk pilhan ganda berjumlah 17 soal. Hasil akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 72,62 dan 66,86, dari hasil perhitungan N-gain diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,53 dan 0,44 keduanya berada pada kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.

Keywords


hasil belajar, learning cycle, buku saku

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia



Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)

ISSN 2338-4379  (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email     : jpsi@usk.ac.id

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.