Strategi Pemasaran Sosial Menabung Sampah di Bank Sampah Prabumulih
Abstract
This article aims to analyze the social marketing strategies carried out by Prabumulih's Waste Bank in inviting people to save garbage. This research using a qualitative descriptive approach, informants in this study were all managers of Prabumulih's Waste Bank. The results of this study showed that Prabumulih's Waste Bank does it through three approaches, namely a personal approach, a group approach, and a mass approach. The three approaches are in accordance with the concepts in marketing communication in marketing a product. Sorting out and saving is always delivered by Prabumulih Waste Bank to children and the community as a means of environmental education.
Keywords: Social Marketing, Saving Waste, Waste Bank
Artikel ini bertujuan menganalisis strategi pemasaran sosial yang dilakukan oleh Bank Sampah Prabumulih dalam mengajak masyarakat untuk menabung sampah. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah seluruh pengelola Bank Sampah Prabumulih. Hasil penelitian menujukan bahwa dalam melakukan pemasaran sosial, Bank Sampah Prabumulih melakukannya melalui tiga pendekatan, yaitu pendekatan secara personal, pendekatan secara kelompok, dan pendekatan secara massa. Ketiga pendekatan tersebut sesuai dengan konsep dalam komunikasi pemasaran dalam memasarkan sebuah produk. Pilah dan tabung senantiasa disampaikan Bank Sampah Prabumulih kepada anak-anak dan masyarakat sebagai saranan pendidikan lingkungan hidup.
Kata kunci: Pemasaran Sosial, Menabung Sampah, Bank Sampah
Full Text:
PDFReferences
Andries Leonardo dan Rudy Kurniawan. 2017. Kecerdasan Lingkungan Dalam Mengelola Sampah Melalui Gerakan Menabung Sampah Di Bank Sampah Kota Prabumulih. Universitas Sriwijaya, FISIP. Palembang: LPPM.
Emzir. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo.
Ismawati Doembana, Abdul Rahmat, dan Muhammad Farhan. 2017. Buku Ajar Manajemen dan Strategi Komunikasi Pemasaran. Yogyakarta: ZAHIR Publishing.
Kartajaya, H. 2007. Memenangkan Persaingan Dengan Segitiga Positioning, Diferensiasi Dan Brand. Bandung: Mizan Pustaka.
Komariah, D. S. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Kotler Philip dan Eduardo L. Roberto. 2008. Social Marketing: Strategi for Changing Public Behaviour. New York: The Free Press A Division of MacMillan.Inc.
Kurniawan, R. 2015. Strategi Pemasaran Sosial BKKBD Kota Prabumulih Dalam Mengkampanyekan Progrma KB (Alkon MOP) Kepada Kaum Laki-Laki. Palembang: LLPM Universitas Sriwijaya.
Kurniawan, R. 2016. “Pemasaran Sosial "Vasektomi" pada Pria”. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 10(2): 175-196.
Kurniawan, R. 2017. Gerakan Kelompok KB Pria "Perkasa". Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 11(1):23-42.
Neuman, W. L. 2017. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. (E. T. Sofia, Trans.) Jakarta: PT Indeks.
Peter dan Olson. 2006. Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. (D. Sihombing, Trans.) Jakrta: Gelora Aksara Pratama.
Ragaiyah dan Rudy Kurniawan. 2016. Gerakan Sosial Kelompok KB Pria "Perkasa": Aksi Mengkampanyekan Vasektomi DI Kota Prabumulih. Palembang: LLPM Universitas Sriwijaya.
Soemanagara, R. 2008. Strategic Marketing Communication: Konsep Strategi dan Terapan. Bandung : Alfabeta.
Utomo, S. S. 2013. Komunikasi Pemasaran Sosial Terhadap Kesadaran Hidup Peternak Di KEcamatan Selo Boyolali. Jurnal Ilmu Komunikasi , 11 (1), 59-67.
Venus, A. 2004. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektikan Kampanye Komunikasi. Bandung: Sembiosa Rekatama Media.
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rudy kurniawan, Yusnaini Yusnaini, Abdul Gofur, Nurhasan Nurhasan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.........................................................................................................................................................................................
REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologi.fisip@usk.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.