Evaluasi Program CSR PT. Socfindo terhadap Kesejahteraan Masyarakat Nagan Raya

Baihaqi Baihaqi

Abstract


This article aims to investigate the contribution and impact of PT. Socfindo to the society around the company and to show the response of the society toward existing of PT. Socfindo. The research method used in this article is a qualitative approach. The theory used is the community empowerment theory. The results show that CSR program that is running still in a stage like charity, philanthropy dan infrastructure development. CSR nowadays did not exist yet an aspect of human resources development or community capability development. The existing of the company has an impact on society, that is a social conflict between society and company. Also, it has an impact on the living environment, like air pollution, waste leak, and dust. The economic impact has not been seen significantly. The company has not up to economic empowerment program. Society response to the company shows the distrust or skepticism caused by many dynamics.

 

Abstrak

Artikel ini mengkaji tentang bagaimana kontribusi dan dampak PT. Socfindo terhadap masyarakat sekitar perusahaan dan bagaimana respon masyarakat terhadap kehadiran PT.Socfindo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR yang dijalankan masih pada tahap-tahap program yang bersifat charity, phylantrophy dan pembangunan infrastruktur, CSR saat ini belum menyentuh pada aspek peningkatan sumberdaya manusia atau peningkatan kapasitas masyarakat. Kehadiran perusahaan berdampak pada sosial, yaitu konflik sosial antara masyarakat dengan perusahaan, dampak lainnya berupa dampak terhadap lingkungan hidup, polusi udara, kebocoran limbah, debu. Dampak ekonomi belum terlihat secara signifikan, perusahaan belum sampai pada program pemberdayaan ekonomi. Respon masyarakat terhadap perusahaan menunjukkan ketidakpercayaan yang disebabkan oleh banyaknya dinamika.


Keywords


CSR, Community Empowerment, Community Welfare

Full Text:

PDF

References


Ernawan, E. R. 2014. “Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility)”. Performa Jurnal Manajemen & Bisnis, XI(2). https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3026/1894

Hayati, B. N., & Suparjan. 2017. “Kemitraan Sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Program CSR Batik Cap Pewarna Alami di PT. Semen Gresik Pabrik Tuban”. Sosiologi USK, 11, 43–50. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JSU/article/view/9654/7630

Ife, J., & Tesoriero, F. 2008. Community Development; Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhammad, C. I., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. 2018. “Pelaksanaan Corporate Social Responsibility PT. Indonesia Power UPJP Kamojang”. Share Social Work Journal, 8(2), 195–202. https://doi.org/10.24198/share.v8i2.20080

Nurbaety, A., Ratnasih, R., & Ramdan, H. 2015. “Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility PT.Bio Farma di Desa Sukamulya Kabupaten Sukabumi.” Jurnal Sosioteknologi, 14. Retrieved from http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/1376/1044

Partini. 2013. “CSR dan Pemberdayaan Masyarakat (Studi Implementasi CSR-PTBA di Muara Enim, Sumatera Selatan”. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 20(l), 84–99. https://doi.org/10.22146/jml.18476

Rahmadani, Raharjo, S. T., & Resnawati, R. 2018. “Fungsi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat.” Share Social Work Journal, 8(2), 203–210. https://doi.org/10.24198/share.v8i2.20081

S, M. B., & Raharjo, S. T. 2014. “Corporate Social Responsibility (CSR) dari Sudut Pandang Perusahaan.” Share Social Work Journal, 4, 13–29. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/share/article/view/13045/5945

Safrizal. 2016. Peluang dan Tantangan Sarjana Sosiologi di Industri Tambang Batu Bara. Aceh Barat.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, D. 2012. “Peranan Corporate Social Responsibility sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mengurangi Kemiskinan.” Jurnal Universitas Jember, XI(2), 1–9. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1187




DOI: https://doi.org/10.24815/jsu.v13i1.13590

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Baihaqi Baihaqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY: 

.........................................................................................................................................................................................

 

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologi.fisip@usk.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.