Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pendukung Pembelajaran di MAN 1 Pidie
Abstract
Abstrak
Pada era sekarang ini Guru dituntut untuk memiliki kemampuan lebih terkait pemanfaatan teknologi sebagai sumber pembelajaran. Karena Strategi dan pendekatan pembelajaran tidak lagi bertumpu pada guru tetapi berorientasi pada siswa sebagai subyek (student centered). Guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik. Hal ini berarti guru di madrasah diharapkan mampu menggunakan sumber belajar secara tepat. Oleh karena itu, tulisan ini bermaksud untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran di MAN 1 Pidie serta bagaimana kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif dimana data dan paparan yang disampaikan dalam tulisan ini bersumber dari hasil pelatihan yang dilakukan oleh penulis kepada Guru di MAN 1 Pidie serta bersumber dari kajian literatur yang relevan.
Kata kunci: Kompetensi guru, pelatihan, MAN 1 PidieKeywords
Full Text:
UntitledReferences
Alawiyah, F. 2013. “Peran Guru Dalam Kurikulum 2013.” Aspirasi 4(1):65–74.
Andri, Rogantina Meri. 2017. “Peran Dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Research Sains 3(1):122–29.
Asmarani, Nur’aeni; 2014. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 2(1):503 ‐ 510.
Awaluddin, Yasser. 2018. “Efektivitas Program Guru Pembelajar Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Ips Smp Dengan Moda Daring Murni Dan Daring Kombinasi : Studi Evaluatif Dan Komparatif.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 3(1):1–16.
Budiman, Haris. 2017. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(1):31.
Dwi Surjono, Herman, and Abdul Gafur. 2010. “Potensi Pemanfaatan ICT Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran SMA Di Kota Yogyakarta.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2(2):161–75.
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdyansyah, and Widodo Andiek. 2015. Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.
Sulaksana, Uyung. 2013. Mengasah Kompetensi Manajemen Melalui Bedah Kasus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.
Tuti Andriani. 2015. “Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya 12(1):127–50.
Yusrizal, Intan Safiah, and Nurhaidah. 2017. “Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(2):126–34.
DOI: https://doi.org/10.24815/jsu.v13i2.16422
Article Metrics
Abstract view : 0 timesUntitled - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Wardinur Wardinur, Fuadi Mutawally
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.........................................................................................................................................................................................
REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologi.fisip@usk.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.