Habitus dan Modal Sosial dalam Kesuksesan dan Kegagalan Bisnis

M Nur, Nirzalin Nirzalin, Fakhrurrazi Fakhrurrazi

Abstract


Business is basically a social practice. This makes success or failure in running a business not only determined by financial capital, but also determined by things broader than that. This condition also applies to the furniture business in Lhokseumawe City where UD Bripo managed to dominate while Dek Gam failed to compete. This study tries to uncover the facts of the furniture business with the same type of business, but in the furniture business UD Bripo succeeded in developing its business, on the other hand the Dek Gam furniture business failed to develop its business. Data collection is done by using ethnographic methods. The results of this study are that habitus and social capital have a significant role in supporting the success of the UD Bripo furniture business. Habitus owned by UD Bripo furniture business owners are brave, honest, focused, frugal, caring and leader-minded, and always thinks systems. While UD Bripo's successfully utilized social capital consists of norms, trust and network dimensions. The failure of the Dek Gam furniture business is due to the inaccurate application of habitus and social capital in the business arena.

 

 

Abstrak 

Bisnis pada dasarnya adalah sebuah praktik sosial. Hal ini membuat kesuksesan atau kegagalan dalam menjalankan sebuah bisnis tidak hanya ditentukan oleh faktor kekuatan modal finansial, melainkan juga ditentukan oleh hal-hal yang lebih luas daripada itu. Kondisi ini berlaku juga pada bisnis meubel di Kota Lhokseumawe dimana UD Bripo berhasil mendominasi sementara Dek Gam gagal berkompetisi. Studi ini mencoba menggambarkan mengapa usaha meubel dengan jenis usaha yang sama, namun pada usaha meubel UD Bripo berhasil mengembangkan usahanya secara signifikan, sebaliknya usaha meubel Dek Gam gagal mengembangkan usahanya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunaan metode etnografi. Hasil penelitian ini yaitu habitus dan modal sosial memiliki peran signifikan dalam mendukung kesuksesan bisnis meubel UD Bripo. Habitus yang dimiliki oleh pemilik usaha meubel UD Bripo diantaranya berani, jujur, fokus, hemat, peduli dan berjiwa pemimpin, serta selalu berpikir sistem. Sementara modal sosial UD Bripo yang berhasil didayagunakan terdiri atas dimensi norma, kepercayaan, dan jaringan. Adapun terjadinya kegagalan bisnis meubel Dek Gam disebabkan penerapan habitus dan modal sosial yang kurang tepat di dalam arena bisnis

Keywords


Habitus, Social Capital, Business, Norms, Trust, Networking

Full Text:

PDF

References


Adib, M. 2012. Agen dan Struktur dalam Pandangan Piere Bourdieu. BioKultur I(2): 91-110.

Amin, K. (09/05/2018). Memahami Positivisme Generatif Pierre Bourdieu. Diakses 20 April 2019. http://www.braindilogsociology.or.id/ 2018/05/memahami-positivisme-generatif-pierre.html

Asytuti, R. 2015. Pengusaha Warung Tegal di Jakarta (Pendekatan Modal Sosial). Jurnal Hukum Islam (JHI) 13(1): 13-24.

Bourdieu, P. 2016. Arena Produksi Kultural : Sebuah Kajian Sosiologi Budaya. Terj. Yudi Santosa. Yogyakarta : Kreasi Wacana.

Bourdieu, P. 2018. Habitus: Sebuah Perasaan atas Tempat (penerjemah: Anton Novenanto). Jurnal Kajian Ruang Sosial-Budaya 1(2):153-159.

Coleman, J. S. 1990. Foundation of Social Theory. Cambridge: Harvard University Press.

Dwiningrum, S. I. A. 2014. Modal Sosial dalam Pengembangan Pendidikan (Perspektif Teori dan Praktik). Yogyakarta : UNY Press.

Field, J. 2011. Modal Sosial. Bantul : Kreasi Wacana.

Fukuyama, F. 2010. Trust : Kebajikan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran. Terj. Ruslani. Yogyakarta : Qalam.

Galli, E. B. 2011. Building Social Capital in a Multibusiness Firm. Wiesbaden: Gabler.

Gumilang, J. S., dkk. 2018. Praktik Sosial Pedagang Sunggingan Boyolali (Studi Fenomenologi di Pasar Sunggingan Boyolali). Jurnal Analisa Sosiologi 7(2): 213-223.

Harahap, D. Y. dan I. Agusta. 2018. Peran Modal Sosial terhadap Kesejahteraan Pengusaha Sektor Informal (Kasus Pengusaha Sektor Informal di Pasar Jl. Dewi Sartika, Bogor). Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM] 2(2): 207-222.

Harker, R. et. al. 2009. (Habitus x Modal) + Ranah = Praktik : Pengantar Paling Komprehensif kepada Pemikiran Pierre Bourdieu. Terj. Pipit Maizier. Yogyakarta : Jalasutra.

Hasbullah, J. Social Capital (Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia). Jakarta : MR-United Press.

Häuberer, J. 2011. Social Capital Theory: Towards a Methodological Foundation. Prague: VS Research.

Jenkins, R. 2016. Membaca Pikiran Pierre Bourdieu. Terj. Nurhadi. Yogyakarta : Kreasi Wacana.

Lee, R. 2017. The Social Capital of Entrepreneurial Newcomers: Bridging, Status-Power and Cognition. London: Palgrave Macmillan.

Mahendra, S. 2015. Keterkaitan Modal Sosial dengan Strategi Kelangsungan Usaha Pedagang Sektor Informal di Kawasan Waduk Mulur: Studi Kasus pada Pedagang Sektor Informal di Kawasan Waduk Mulur Kelurahan Mulur Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Analisa Sosiologi 4(2): 10–30.

Meng, Z. 2017. Ownership of Trust Property in China: A Comparative and Social Capital Perspective. Singapore: Springer.

Pemerintah Kota Lhokseumawe. 2017. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kota Lhokseumawe Tahun 2017-2022.

Riawati, S. 2017. Teori tentang Praktik : Saduran Outline of a Theory of Practice Karya Pierre Bourdieu. Bandung : Ultimus.

Ritzer, G. dan D. J. Goodman. 2012. Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Terj. Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Spradley, J. P. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta : Tiara Wacana.

Syafitri, A. dan L. Sudarwati. 2015. Pemanfaatan Modal Sosial dalam Sektor Perdagangan (Studi pada Etnis Tionghoa, Batak, dan Minangkabau di Kota Medan). Perspektif Sosiologi 3(1): 1-17.

Syahra, R. 2003. Modal Sosial : Konsep dan Aplikasi. Jurnal Masyarakat dan Budaya 5(1): 1-22.

Usman, S. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wartaekonomi.co.id (06/06/2018). HIPMI: Jumlah Pengusaha RI Tertinggal Jauh. Diakses 08 April 2019. https://www.wartaekonomi.co.id/read183507/ hipmi-jumlah-pengusaha-ri-tertinggal-jauh.html




DOI: https://doi.org/10.24815/jsu.v14i1.17494

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 M Nur, Nirzalin Nirzalin, Fakhrurrazi Fakhrurrazi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY: 

.........................................................................................................................................................................................

 

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologi.fisip@usk.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.