Peran Media Sosial Instagram dalam Membangun Kesadaran berdonasi di Lazis Darul Hikam

Ditha Nurul Fazrin, Iwan Sukoco

Abstract


This study aims to determine the social interaction of Lazis Darul Hikam and the community through Instagram social media and to find out the role of social media Instagram in building awareness of donation in Lazis Darul Hikam. The research uses symbolic interaction theory to photograph how people interact using social media, define the meaning of the symbols conveyed and ultimately lead to actions in this case giving donations. The method used is a qualitative method, the donor Lazis Darul Hikam, an active user of Instagram, is an informant in this study. The results showed that social media has the following roles: (1) Instagram is a medium for inter-institutional interaction with the community to introduce programs and reporting media, (2) Instagram social media is also able to build awareness of donations by collecting funds obtained through social media.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial Lazis Darul Hikam dan masyarakat melalui media sosial Instagram serta untuk mengetahui peran media sosial Instagram membangun kesadaran berdonasi di Lazis Darul Hikam.  Penelitian menggunakan teori interaksi simbolik untuk memotret bagaimana masyarakat berinteraksi menggunakan media sosial, mendefinisikan makna dari simbol-simbol yang disampaikan dan akhirnya bermuara pada perbuatan dalam hal ini memberikan donasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, donatur Lazis Darul Hikam pengguna aktif Instagram menjadi informan dalam penelitian ini. Hasil penelitian didapatkan bahwa media sosial memiliki peran sebagai berikut: (1) Instagram menjadi media untuk berinteraksi antar lembaga dengan masyarakat untuk memperkenalkan program dan media pelaporan, (2) Media sosial Instagram juga mampu membangun kesadaran berdonasi dengan terkumpulnya dana yang didapatkan melalui media sosial


Keywords


Lazis, Instagram, Symbolic Interaction

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Paradoks dan Sinjutas (Sinergi-Keberlanjutan-Ketuntasan) Gerakan Filantropi Di Indonesia. Share : Social Work Journal, 6(2), 183. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13201

Andes, R. J., & Sunaryanto, L. T. (2020). Peran promosi penjualan melalui instagram terhadap penjualan sayur organik di po. Sayur organik merbabu (som). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(1), 27. https://doi.org/10.20956/jsep.v16i1.10244

Ardianto, E. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung. Simbosa Rekatama Media.

BBC News Indonesia. (2019, September 9). Berapa banyak waktu yang dihabiskan rakyat Indonesia di media sosial? - BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-49630216

Cania, N., & Heryani, R. D. (2020). Peran Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Peserta Didik Di Smk Plus Pelita Nusantara. Research and Development Journal of Education, 1(1), 91. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7562

Erningdyah K, N., & Rahmawati, D. (2018). Peran Media Sosial Instagram Exploreponorogo Sebagai Sarana Promosi Pariwisata Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Media Wisata, 16, 757–766.

Iman, M. (2020, June 14). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial

Lyna, L., & Ditiolebiet, H. (2021). Peranan Media Sosial Instagram, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Masker.Solopunya. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(02), 84–89. https://doi.org/10.35899/biej.v3i02.206

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Simbiosa Rekatama Media.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Humaniora, 16(2), 1–7.

Suwart, F. L. S. & C. H. D. (2014). Instagram Dan Fashion Remaja (Studi Kasus Peran Media Sosial Instagram terhadap Trend Fashion Remaja dalam Akun @ootdindo Tahun 2014). Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.

West, T. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.24815/jsu.v15i1.20343

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ditha Nurul Fazrin, Iwan Sukoco

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY: 

.........................................................................................................................................................................................

 

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologi.fisip@usk.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.