Gaya Komunikasi Sales Promotion Girl Suzuya Mall Bireuen
Abstract
The purpose of this study is to describe verbal and nonverbal communication styles as well as obstacles in the communication process carried out by SPG. This study uses a qualitative approach. Data collection techniques are passive participant observation, in-depth interviews, and documentation. Informants were determined using a purposive technique. Data analysis was carried out through several stages, namely data reduction, data presentation, conclusion drawing, and verification. The results of this study indicate that the communication style used by SPGs is more dominated by nonverbal communication such as showing friendly facial expressions, eye contact with consumers, ideal body posture, matching clothes and make-up, managing physical closeness with consumers, and using time as good as possible.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan gaya komunikasi verbal dan nonverbal serta hambatan-hambatan dalam proses komunikasi yang dilakukan oleh seorang SPG. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Cara penentuan informan menggunakan teknik purposive. Dalam menganalisis data peneliti melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi yang dilakukan oleh para SPG lebih didominasi oleh komunikasi nonverbal seperti menunjukkan ekspresi wajah yang ramah, kontak mata dengan konsumen, postur tubuh yang ideal, pakaian dan riasan yang senada, mengatur kedekatan fisik dengan konsumen, dan penggunaan waktu sebaik mungkin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agow, O. (2017). Perilaku Sales Promotion Girl (SPG) di Kota Manado. HOLISTIK, Journal of Social and Culture 19, 1-22.
Astari, D. R. (2015). Pola Komunikasi Sales Promotion Girl (SPG) dalam Pemasaran Produk Rokok di Lampung (Studi SPG Rokok Djarum DSO Bandar Lampung dan SPG Rokok Djarum DSO Kota Bumi). Skripsi. Universitas Lampung.
Bakti, I. S., Nirzalin, N., & Alwi, A. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2), 147-166.
Goffman, E. (1959). The Presentation of Self in Everyday Life. University of Edinburgh Social Sciences Research Centre.
Hall, E. T. (1966). The Hidden Dimension. Anchor Books.
Lestari, S., & Lumbanraja, N. M. (2018). Gambaran Body Image Sales Promotion Girl Otomotif. Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 155-161.
Malabar, S. (2015). Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing.
Marito, S. (2020). Fashion Style SPG dalam Memasarkan Produk Ditinjau dari Perspektif Al-Qur’an. Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi, 6(1), 42-58.
Morreale, S. P., Spitzberg, B. H., & Barge, J. K. (2007). Human Communication: Motivation, Knowledge, and Skills. Belmont: Thomson.
Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munawar, A., & Hasan, I. (2017). Strategi Komunikasi SPG Rokok Lucky Strike Mild dalam Meningkatkan Omzet Penjualan PT. Bentoel Internasional Investama Perwakilan Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 2(3).
Nurvita, N. (2012). Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada SPG Produk Kosmetik di Pamella Swalayan Yogyakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Riswandi (2009). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Romayana, R. (2019). Hubungan antara Kemampuan Komunikasi dengan Adaptive Selling pada SPG Produk Kecantikan di Yogyakarta. Skripsi. Universitas Mercu Buana.
Safrina, U. F., & Masykur, A. M. (2020). “Bekerja dalam Stigma”(Studi Fenomenologis tentang Pengalaman Bekerja pada Sales Promotion Girl). Empati, 7(2), 604-613.
Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. R. (2010). Komunikasi Lintas Budaya. Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24815/jsu.v15i1.21292
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sitti Thursina, Anismar Anismar, Ratri Candrasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.........................................................................................................................................................................................
REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologi.fisip@usk.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.