Pembelajaran Masa Pandemi pada Anak Masyarakat Petani Pedalaman di Aceh Selatan
Abstract
This study aims to determine the community's response to the pandemic and learning practices during the pandemic for the children of rural farmers in South Aceh. This study uses a qualitative approach with a descriptive model. Data obtained from observations, interviews, and relevant literature studies, then analyzed the data, researchers will use interactive analysis techniques. The results of this study indicate that 1) The public's perception of risk for a pandemic is low, but the community continues to respond well to this pandemic, namely complying with health protocols by using masks when going out to public places. 2) Learning activities for children from rural farming communities in Kluet Tengah continued as usual. Like other schools that adhere to the education bureaucracy, schools in rural areas also implement health protocols and shorten teaching and learning time in class, even though the community in the school environment considers pandemics to be a natural reality.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons masyarakat terhadap pandemi dan praktik pembelajaran masa pandemi pada anak petani pedalaman Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan studi literatur yang relevan, kemudian dianalisis data, peneliti akan menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persepsi risiko masyarakat terhadap pandemi tergolong rendah, namun masyarakat tetap merespons pandemi ini dengan baik yaitu mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker ketika keluar menuju ke tempat-tempat umum. 2) Kegiatan pembelajaran anak-anak masyarakat petani pedalaman yang ada di Kluet Tengah berlangsung seperti biasa. Sebagaimana sekolah lainnya yang patuh pada birokrasi pendidikan, maka sekolah di pedalaman juga menerapkan protokol kesehatan dan mempersingkat waktu belajar mengajar di dalam kelas, meskipun masyarakat dilingkungan sekolah tersebut menganggap pandemi sebagai realitas yang biasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acehtrend. 2019. “Terisolir, Desa Di Hulu Sungai Kluet Ini Hanya Bisa Diakses Dengan Stempel.” Acehtrend.Com. Retrieved August 22, 2021 (https://www.acehtrend.com/2019/01/11/terisolir-desa-di-hulu-sungai-kluet-ini-hanya-bisa-diakses-dengan-stempel/).
Amiruddin, Barkat. 2020. “Persepsi Tenaga Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Terhadap Program Belajar Dari Rumah.” Jurnal As-Salam 4(1):28–36.
BBC News Indonesia. 2020. “Virus Corona Di Indonesia: Kapan Puncak Pandemi Akan Terjadi Setelah Penerapan ‘New Normal’?” BBC.Com. Retrieved August 20, 2020 (https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-53380880).
Creswell, John W. 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Approaches (3rd Edition). US: SAGE Publications.
Fauzi, Muhammad. 2020. “Strategi Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Al-Ibrah 2(2):120–45.
Hatmo, Sri Herwanto Dwi. 2021. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 11(2):115–22.
Info Covid-19. 2021. “Pemerintahan Aceh | Info COVID-19.” Info COVID-19 1. Retrieved August 21, 2021 (https://covid19.acehprov.go.id/).
Juliana, Yusrizal, and Niswanto. 2021. “Manajemen Pengawas Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 6(2):261–67.
Miles, Matthew B., and Michael A. Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis. Second Edi. London: SAGE Publications.
Neuman, W. Lawrence. 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. United States of America: Pearson.
Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Chi Hyun Choi, and Ratna Setyowati Putri. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1):1–12.
Rahiem, Maila. 2020. “The Emergency Remote Learning Experience of University Students in Indonesia amidst the COVID-19 Crisis.” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 19(6):1–26.
Rigianti, Henry Aditia. 2020. “KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJARNEGARA.” Elementary School 7(2):297–302.
Roni Hamdani, Acep, and Asep Priatna. 2020. “Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6(1):1–9.
Sahlan, Muhammad, Ade Ikhsan Kamil, Iromi Ilham, and Khairul Amin. 2021. “‘Dari Ainal Madhiah Ke Si Kakek Merah’ Ethnography of the Community Response Towards Covid-19 Pandemic.” 495(ICoSPOLHUM 2020):209–14.
Sajow, Gebi. 2021. “Kebijakan Pemerintah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Menengah Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring).” Jurnal Politico 10(4).
Santika, I. Wayan Eka. 2020. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring.” Indonesian Values and Character Education Journal 3(1):8–19.
Satgas COVID-19. 2021. “Peta Sebaran.” Https://Covid19.Go.Id/Peta-Sebaran. Retrieved August 21, 2021 (https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19).
Serambinews. 2020. “Mahasiswa Aceh Selatan Keluhkan Jaringan Internet.” Serambinews.Com. Retrieved August 20, 2020 (https://aceh.tribunnews.com/2020/04/12/mahasiswa-aceh-selatan-keluhkan-jaringan-internet).
Shahin, Mahmoud Abdel Hameed, and Rasha Mohammed Hussien. 2020. “Risk Perception Regarding the COVID-19 Outbreak among the General Population: A Comparative Middle East Survey.” Middle East Current Psychiatry 27(1).
Suhanti, Indah Yasminum, Rakhmaditya Dewi Noorrizki, and Kukuh Setyo Pambudi. 2021. “Risk Perception of Covid 19.” KnE Social Sciences 2020:139–44.
Sulastri, Murniati AR, and Nasir Usman. 2021. “Manajemen Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Pada Masa COVID-19.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 6(2):151–60.
Suni Astini, Ni Komang. 2020. “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2):241–55.
Thetapaktuanpost. 2018. “Warga Kluet Timur Sulit Berkomunikasi Ke Dunia Luar.” Https://Thetapaktuanpost.Com/. Retrieved August 20, 2020 (https://thetapaktuanpost.com/kategori/news/warga-kluet-timur-sulit-berkomunikasi-ke-dunia-luar/).
Veldhuijzen, I., O. De Zwart, H. Voeten, and J. Brug. 2005. “Risk Perceptions Survey.” PLOS One 8(9):1–74.
DOI: https://doi.org/10.24815/jsu.v15i2.23559
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sanwil Sanwil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
.........................................................................................................................................................................................
REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologi.fisip@usk.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.