Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Proses Perjalanan Hidup Anak

Salma Alfina Yasmin

Abstract


Peran orang tua sangat penting dalam membangun karakter anak, ini sangat terbukti ketika anak sudah dewasa memperlihatkan bagaimana karakter mereka setelah orang tua membimbingnya semasa kecil. Menurut Hadi (2016:102) menyatakan bahwa “orang tua memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk mengasuh, memelihara, mendidik dan melindungi anak.” Ketika peran orang tua berhasil dalam mendidik anak, mereka akan merasa aman dan percaya terhadap keluarganya, berbeda dengan anak yang tidak cukup menerima peran orang tua dalam hidupnya mereka cenderung tidak nyaman dengan keluarganya. Dalam mendidik anak tentunya komunikasi keluarga sangat penting, interaksi dalam keluarga akan membangun kedekatan satu sama lain, positif nya anak akan menjadi lebih dekat dengan orang tua, mereka akan lebih terbuka dengan isi hati nya. Menurut Aziz Safrudin (2015:235), komunikasi keluarga adalah suatu pengorganisasian yang menggunakan kata-kata, sikap tubuh, intonasi suara, tindakan untuk menciptakan harapan image, ungkapan perasaan serta saling membagi pengertian. Jika komunikasi keluarga tidak baik dan mengakibatkan perilaku toxic parents, broken home itu akan mempengaruhi karakter anak bahkan kesehatan mental anak akan terganggu. Kesehatan mental dalam anak tidak dapat kita anggap sepele karena itu akan berpengaruh dalam perjalanan hidup anak kedepannya, bagaimana anak berkomunikasi dengan orang lain, memecahkan masalahnya dan merasa dirinya aman dilingkungan sekitarnya. Jika itu semua tidak dikuatkan atau di dukung oleh orang tua maka anak akan merasa dirinya selalu sendiri dan merasa tidak percaya dengan orang lain yang akhirnya mereka kesulitan dalam berinteraksi, mandiri. Penelitian ini diharapkan dapat membantu nilai positif yang bisa diambil oleh para orang tua dan calon orang tua dalam memilih pola asuh anak, bagaimana sangat pentingnya peran orang tua dalam perjalanan hidup anak itu.


Keywords


Peran Orang Tua;Komunikasi Keluarga;Kesehatan Mental

References


Arliman, L dkk. 2022. “Ensiklopedia of Journal” dalam Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Degradasi Moral Komunikasi Keluarga. Vol 4 No 2.

Ayun, Q. 2017. “ThufuLA” dalam Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak Vol. 5 No. 1. IAIN Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia.

Ginanjar, H. 2017. “Jurnal Pendidikan Islam” dalam Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Vol. 2 No. 3.

Herlina, Desi dkk. 2017. “Jurnal Penelitian Guru Indonesia” dalam Sikap Over Protective Orangtua Terhadap Perkembangan Anak Vol. 2 No 2. IICET Journal Publication

Husna, A. dan Dadan. 2021. “Jurnal Pendidikan Tambusai” dalam Analisis Pola Asuh Demokrtis Orang Tua dan Implikasinya pada Perkembangan Sosial Anak di Desa Koto Iman Kabupaten Kerinci Volume 5Nomor 3. Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang.

Kusumaningtyas, Ersta, L. 2015. “Widya Wacana” dalam Dampak Overprotektif Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Vol. 10 Nomor.

Pangesti, Ninda, W. 2021. “Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar” dalam Hubungan Pola Asuh Over Protective Orang Tua dengan Perilaku Bullying dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri Gugus Mawar 1 Volume 9, No. 2 (hal 13-24). Lampung: Pendidikan Guru Se4kolah Dasar, Universitas Lampung.

Rahmah, St. 2018 “Jurnal Alhadharah” dalam Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak Vol. 17 No. 33. UIN Antasari Banjarmasin

Sabarua, Oxianus, J. dan Imelia. 2020. “International Journal of Elementary Education” dalam Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak Volume 4, Number 1, Tahun 2020, pp. 82-89. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Halmahera, Indonesia.

Sari, Ranita. D dan Amelia. 2019. “Jurnal Pendidikan : EarlyChildhood” dalam Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini Vol 3 No 1. Universitas Negeri Malang

Saskara, Adi, P. dan Ulio. 2020. “Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini” dalam Peran Komunikasi Keluarga Dalam Mengatasi “Toxic Parents” Bagi Kesehatan Mental Anak Volume 5, No. 2. Denpasar: Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwaa Denpasar.

Umar, M. 2015. “Jurnal Ilmiah Edukasi” dalam Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak Vol. 1 No.1.




DOI: https://doi.org/10.24815/jsu.v17i2.32862

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Salma Alfina Yasmin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXED BY: 

.........................................................................................................................................................................................

 

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologi.fisip@usk.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.