Pemasaran Sosial “Vasektomi” Pada Pria
Abstract
Salah satu program KB yang sedang digalakkan oleh BKBPPPA Kota Prabumulih adalah program KB bagi kaum laki-laki. Program KB untuk kaum laki-laki ini diharapkan dapat membantu dalam menekan angka kelahiran. Kampanye sosial dalam mensoialisasikan program KB kepada kaum laki-laki yang dilaksanakan selama inibelum menunjukkan hasil yang nyata. Permasalahannyaantara lain kurangnya partisipasi khalayak karena tidaktepatnya strategi yang digunakan. Strategi harusnyadisusun sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiksasaran serta mempertimbangkan berbagai faktor yangberpengaruh nyata terhadap tingkat partisipasinya. Untuk meningkatkan akseptor KB pria yang menggunakan MOP maka BKBPPPA Kota Prabumulih menggunakan strategi personal selling atau motivator KB untuk mengkampanyekan MOP kepada kaum pria. Penggunaan strategi ini lebih efektif dan efesien karena motivator dalam mengkampanyekannya melalui pendekatan persuasif dan sistem multiple level marketing yaitu sistem reward bagi mereka yang dapat membawa calon akseptor dan mereka bersedia mau menjadi akseptor MOP. Namun, yang menjadi kendala adalah pemahaman masyarakat bahwa penggunaan vasektomi dilarang agama.
Kata Kunci: KB, MOP, vasektomi, motivator KB
Full Text:
PDFReferences
BKKBN. Panduan Pelayanan Keluarga Berencana dan KesehatanReproduksi Berwawasan Gender. Jakarta: BKKBN. 2002.
BKKBN. Bunga Rampai: Bahan Pembelajaran Pelatihan Pengarusutamaan Gender Dalam Program Pembangunan Nasional. Jakarta. BKKBN. 2003.
Hasan, M. Ali. Masail Fiqhiyah al- Hadistah Pada Masalah- Masalah Kontemporer Hukum Islam, Cetakan I. Surabaya: PT RajaGrafindo Persada.
Khalaft, Abdul Wahab.Kaedah- Kaedah Hukum Islam. Bandung: Rajawali1983
Kotler, Philip and Eduardo L.
Roberto. 1989. Social Marketing: Strategies for Changing Public Behav Behaviour. New York: The Free Press ADivision Of
Macmillan.Inc.
Kurniawan, Rudy. 2013. Strategi Monitoring Keluarga Berencana Dan Pembentukkan BKBPPPAKota Prabumulih. Laporan Penelitian. Unsri: Pusat Studi Budaya dan Kependudukan.
Peter dan Olson, 1996. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. D. Sihombing (penerjemah).
Consumen Behavior.
Gelora Aksara
Pratama. Jakarta.
Soemanagara. 2008. Strategi
Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.
Supranto dan Nandan, 2007.
Perilaku Konsumen dan
Stretegi Pemasaran. Jakarta Mitra Media.
Suyanto. 2007. Marketing Strategy.
Yogyakarta: Andi
Website
http://majalahkesehatan.com
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Rudy Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.........................................................................................................................................................................................
REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologi.fisip@usk.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.