ANALISIS JARAK PEMATAH ARUS UNTUK MEMPERKECIL KECEPATAN ALIRAN PADA SISTEM DRAINASE JALAN
Abstract
Abstract: The mountainous terrain with the road conditions on the slopes and the foot of the mountains that have a large service area and large slope of land when the rain of water overflows from the slopes of the mountains with a very large water debit flow and speed is high enough, the water flowing along the long road , resulting in disruption of traffic activity as well as damage to road construction and equipment. A large fold discharge and a high speed result in disruption of traffic activity and damage to road construction and equipment. This study aims to analyze the check dam spacing to minimize flow velocity to provide the required solution of road drainage in response to high flow velocity problems. The research used descriptive method for collecting secondary data and primary data as evaluation material, calculation refers to hydrology and hydraulics calculation system for open channel. The research was conducted on the road batas Kota Takengon-batas Bener Meriah. The results of the research obtained the average drainage flow velocity of 6,45 m/sec, the permit rate based on the material type 1.50 m/sec (does not meet the permit speed requirements), the drainage required installation xx. Average velocity after installation of upstream to downstream systems as a way to minimize a flow rate of 0,54 m/sec (meet the permission speed requirements).
Abstrak: Medan bergunung dengan kondisi jalan yang berada di lereng dan kaki pegunungan yang mempunyai daerah layanan yang luas dan kemiringan lahan yang besar pada saat hujan air melimpah dari lereng pegunungan dengan debit air linpasan yang sangat besar serta kecepatan yang cukup tinggi, air mengalir mengikuti arah memanjang jalan, mengakibatkan terganggunya aktifitas lalulintas serta terjadinya kerusakan pada konstruksi jalan dan perlengkapannya. Debit linpasan yang besar serta kecepatan yang cukup tinggi mengakibatkan terganggunya aktifitas lalulintas dan terjadinya kerusakan pada konstruksi jalan dan perlengkapannya. Penelitian ini bertujuan menganalisis jarak pematah arus untuk memperkecil kecepatan aliran untuk memberikan solusi yang dibutuhkan drainase jalan raya dalam menanggulangi permasalahan kecepatan aliran yang tinggi. Penelitian mengunakan metode deskriptif untuk pengumpulan data sekunder dan data primer yang dijadikan sebagai bahan evaluasi, perhitungan mengacu pada sistem perhitungan hidrologi dan hidrolika untuk saluran terbuka. Penelitian dilakukan di ruas jalan batas Kota Takengon-batas Bener Meriah. Hasil dari penelitian didapat kecepatan aliran drainase rata-rata 6,45m/detik, kecepatan ijin berdasarkan jenis material 1,50 m/detik (tidak memenuhi persyaratan kecepatan ijin), drainase diperlukan pemasangan pematah arus. Kecepatan rata-rata setelah pemasangan pematah arus sitem jarak hulu ke hilir sebagai cara untuk memperkecil kecepatan aliran sebesar 0,56 m/detik (memenuhi persyaratan kecepatan ijin).
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24815/jts.v1i4.10055
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
2021 | Jurnal Teknik Sipil Unsyiah