Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Konsep Penjumlahan melalui Permainan Teka-Teki Jigsaw untuk Penjumlahan Tanpa Menyimpan di Kelas VI

Dewi Sutria

Abstract


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini menyangkut bagaimana bentuk perencanaan, pelaksaanaan, dan hasil pembelajaran menggunakan alat peraga berupa permainan teka-teki jigsaw untuk penjumlahan tanpa menyimpan. Permainan teka-teki jigsaw sebagai media pembelajaran Matematika dapat menarik perhatian siswa sehingga motivasi mereka untuk belajar meningkat yang berdampak pada hasil belajar siswa meningkat pula. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan merupakan data kualititatif yang dikumpulkan dari lingkungan nyata dengan peneliti sebagai instrumen utama. Langkah-langkah penelitian terdiri atas beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 47 Kota Jambi sebanyak 30 anak. Hasil pengolahan data yang dilakukan peneliti sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus menggunakan materi yang sama dengan perbaikan tertentu setelah melaksanakan refleksi dari kegiatan atau siklus pertama. Setelah melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar, diperoleh simpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran permainan teka-teki jigsaw dapat meningkatkan hasil prestasi siswa dalam mempelajari konsep penjumlahan.


Keywords


Permainan Teka-Teki Jigsaw, Konsep Penjumlahan, hasil belajar

References


Darhim, dkk.1995.Pendidikan Matematika 2. Bandung: PPPG Tertulis bekerjasama dengan Universitas Terbuka.

Karim, Widagdo,dkk.2002.Pendidikan Matematika II. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kasbolah.1997. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Proyek Pengembangan Guru Sekolah Dasar Direktorat Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Muhibbin Syah.1995.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru. Bandung: Rosda karya

Prianto.2001. Peranan Minat dalam Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Sujana, Nana. Dr.1989.Penilaian Hasil Proses Belajar Mngajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Tim MKPBN.2001.Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika UPI.

Zainal, Abidin,dkk.1981.Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: P3G Bahasa




DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v11i1.31524

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dewi Sutria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PESONA DASAR

Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora

ISSN: 2715-6664 (Online) | ISSN: 2337-9227 (Print)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : https://jurnal.usk.ac.id/PEAR
Email     : pesonadasar@fkip.usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.