KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA (PPs) TERHADAP LAYANAN AKADEMIK DOSEN DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Abstract
Penelitian ini didasari oleh adanya fenomena yang terjadi di lingkungan Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Padang (UNP), di mana sering terdengar keluhan mahasiswa tentang kurang perhatiannya dosen terhadap permasalahan mahasiswa, adanya dosen yang kurang simpatik dalam melaksanakan tugasnya, dan cukup sulitnya mahasiswa menemui dosen untuk mendapatkan layanan bimbingan tesis atau disertasi. Fenomena ini mengindikasikan bahwa belum puasnya mahasiswa PPs di lingkungan UNP terhadap layanan akademik yang dilakukan dosen. Jadi penelitian ini ditujukan untuk mengungkap kepuasan mahasiswa PPs UNP terhadap layanan akademik dosen, yang meliputi layanan pembelajaran dan layanan pembimbingan tesis/disertasi. Lima indikator digunakan untuk mengukur kepuasan mahasiswa tersebut, yaitu keandalan, daya tanggap, kepastian layanan, empati, dan ujud fisik layanan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S2 dan S3 UNP semester 3 ke atas, yang aktif pada tahun 2016. Populasi berjumlah 2141 orang, dengan sampel sebanyak 215 orang (10% dari populasi). Instrumen yang digunakan adalah angket model skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan mencari skor rata-rata dan tingkat capaiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa PPs UNP belum betul-betul puas dengan layanan akademik dosen. Namun analisis lebih lanjut menunjukan bahwa mahasiswa PPs UNP sudah puas dengan layanan pembelajaran yang diberikan dosen; tetapi belum betul-betul
puas terhadap layanan bimbingan tesis/disertasi.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.