Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Kartun Humor Terhadap Hasil Belajar
Abstract
Studi ini meneliti tentang efektivitas model pembelajaran advance organizer berbantuan kartun humor terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah Strategi Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimental dengan desain Non-equivalent Control Group Post-test only. Sampel penelitian berjumlah 56 mahasiswa, tediri dari dua kelompok eksperimen dan kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Kedua kelompok dibelajarkan secara terpisah dengan model pembelajaran Advance Organizer berbantuan kartun humor dan kelompok kontrol menggunakan model konvensional dengan ceramah diselingi tanya-jawab berbatuan media powerpoint. Data dianalisis dengan teknik t-test. Penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran advance organizer berbantuan kartun humor (87,13) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (82,37). Pengujian signifikansi perbedaan dengan uji t menunjukkan bahwa t hitung = 0,2011> t tabel= 0,06392, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara dua kelompok. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Advance Organizer berbantuan kartun humor lebih efektif dibandingkan model konvensional
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.