Pengembangan Model IDACR untuk Meningkatkan Kemampuan Mengevaluasi Peserta Didik SMA pada Mata Pelajaran Fisika
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran IDACR yang layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran serta efektif dalam peningkatan kemampuan mengevaluasi peserta didik SMA pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D oleh Thiangarajan. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket kepraktisan pembelajaran IDACR, dan soal tes kemampuan mengevaluasi. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t test terhadap gain skor kelas eksperimen dan kontrol pada taraf signifikansi (α) 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model IDACR layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan penilaian validator; (2) model IDACR praktis digunakan dalam pembelajaran menurut pendidik dan peserta didik; serta (3) model IDACR efektif dapat meningkatkan kemampuan mengevaluasi peserta didik secara signifikan berdasarkan hasil uji statistik
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.