STRATEGI PENGEMBANGAN BUBUK KOPI GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH
Abstract
Potensi luas lahan dan kegiatan pengolahan kopi memang menjadi landasan ekonomi masyarakat, namun belum memiliki dampak langsung terhadap proses pengembangan produk inovatif kopi, sedangkan produk kopi arabika Gayo yang dipasarkan saat ini masih didominasi dalam bentuk green bean saja. Penelitian berlokasi di Kabupaten Aceh Tengah dengan pertimbangan besarnya potensi pengembangan produk olahan kopi Gayo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik FGD (Focus Group Discussion) untuk menghasilkan faktor kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman sebagai dasar penyusunan strategi pengembangan produk bubuk kopi Gayo. Rumusan strategi pengembangan produk bubuk kopi Gayo dari matriks SWOT adalah a) Mengembangkan wilayah sentra produksi kopi Gayo di Aceh Tengah yang didasari indeks geografis dengan sistem tanam varietas sejenis dengan karakteristik rasa yang beragam serta mempromosikan kopi arabika Gayo melalui event seperti pameran, b) Pengusaha industri bubuk kopi nasional perlu didukung sistem permodalan dan riset untk upaya diversifikasi dan pengembangan inovasi produk olahan, c) Pengembangan inovasi varian rasa bubuk kopi Gayo sesuai selera konsumen, d) Mengurangi intensi persingan di antara daerah penghasil kopi, perlu dilakukan segmentasi pasar bubuk kopi berdasarkan negara tujuan dan target pelanggan, perlu standardisasi proses sertifikasi sistem industri kopi arabika berdasarkan selera negara tujuan.
Kata kunci: Kopi Bubuk Gayo, Strategi Pengembangan
Full Text:
PDFReferences
Anhar, A., Widayat, H. P., Muslih, A. M., Subhan, S., Romano, R., Baihaqi, A., Bahri, T. S., Zulkarnain, Z., Bagio, B., Yusmaizal, Y., & Abubakar, Y. 2020. Evaluation of Farmers Management Practices of Arabica Coffee Plantation Across Altitude for Climate Change Adaptation Strategies in Aceh, Indonesia. Aceh International Journal of Science and Technology, Vol 9(2).
Bagio, Emmia TK, & Manyamsari, I. 2021. Analisis Nilai Tambah Biji Kopi Arabika Premium Bersertifikat Organic dan Biji Kopi Arabika Premium Tanpa Sertifikat Organik Di Aceh Tengah., Vol 4(2).
[BPS] Badan Pusat Statistik Aceh. 2020. Aceh Dalam Angka. Provinsi Aceh: BPS.
David, FR. 2006. Manajemen Strategi Konsep Kata dan Implementasi. Terjemahan PT. Andi. Jakarta
Fadli dan Emmia TK. 2020. Kendala Pemasaran Kopi Arabika Pada Masa Pandemi Covid. J. Bisnis Tani. Vol 6 (2).
Indra, Agussabti, Atikah, Q. 2017. Development Strategy of Fish Processing Unit in Aceh Besar District, New Social Economics of Sustainable Agriculture and Food System: The Rise of Welfare State Approach, International Conference and Congress of The Indonesian Society of Agricultural Economics (ICC-ISAE), Bali, 23 - 25 Agustus 2017, Bogor, The Indonesian Society of Agricultural Economics (ISAE/PERHEPI), 0, 2579-3101.
Kebun Percobaan Kopi Gayo. 2016. Kopi Gayo. Modul. Aceh Tengah.
Muchsin dan Emmia TK. 2020. Strategi Pengembangan Kopi Arabika Gayo Aceh. J. Visioner & Strategis. Vol 9 (2).
Tambarta, Emmia., Tinaprilla, N., & Adhi, A. K. 2016. Analysis Added-Value and Development Strategic of Gayo Coffe Products in Bener Meriah Aceh. IJSR Vol (5).
Zulkarnain, Rahmaddiansyah, & Bagio. 2021. Comparison of the prosperity of coffee and non-coffee farmers in Central Aceh District based on expenditure, access to food, and ownership of assets. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Vol 667(1).
Zulkarnain, Z., Rahmaddiansyah, R., Alpian, R., & Bagio, B. 2020. Perbandingan Tingkat Produktivitas dan Pendapatan Petani Kopi Arabika yang Melakukan Teknik Pemangkasan Rutin dan yang Tidak di Kecamatan Bener Kelipah. Agrifo, Vol 5(1).
Zulkarnain, Z., Fazari, N., Widyawati, W., Bagio, B., Ertika, Y. 2020. Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Wine Coffee Di NA COFFEE Banda Aceh. Jurnal Ekombis Volume 6(1).
DOI: https://doi.org/10.17969/agrisep.v22i1.21492
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright© 2000-2025 | ISSN: 1411-3848 | EISSN: 2579-6372
Jurnal Agrisep is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Departemen Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala
associated with AAI (Asosiasi Agribisnis Indonesia).
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email: agrisep@usk.ac.id
Online Submissions & Guidelines | Editorial Policies | Contact | Statistics | Indexing | Citations