STRATEGI PEMASARAN IKAN LELE UD. SONIA RATU DI KABUPATEN ACEH BARAT
Abstract
Strategi pemasaran digunakan untuk mendukung kegiatan dalam meningkatkan pendapatan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang berbeda untuk UD. Sonia Ratu mengembangkan ikan lele di Kabupaten Aceh Barat serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh strategi-strategi tersebut. Metode Penelitian berbasis metodologi penelitian kualitatif. Pemilik, staf, dan pelanggan UD Sonia Ratu adalah informan penelitian ini. Teknik analisis data termasuk mengurangi data, menyajikan data, dan menampilkan kesimpulan. Peneliti menyimpulkan bahwa strategi pemasaran ikan lele bisnis di UD Sonia Ratu menggunakan strategi SO (Strengths-Opportunities) yang dipilih berdasarkan analisis matriks SWOT. Tiga alternatif strategi SO telah diidentifikasi dan dieksplorasi; pertama, strategi mempertahankan kuantitas dan kualitas, kedua, strategi promosi menggunakan media digital, ketiga, strategi meningkatkan jumlah pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, M., Taqwa, F. H., Yulisman, Mukti, R. C., Rarassari, M. A., & Antika, R. M. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Bahan Baku Lokal Sebagai Pakan Ikan Terhadap Peningkatan Produktivitas Budidaya Ikan Lele ( Clarias sp .) di Desa Sakatiga , Kecamatan Indralaya , Kabupaten Ogan Ilir , Sumatera Selatan The Effectiveness of Utilization of Local Raw. Journal of Aquaculture and Fish Health, 9(3), 222–231.
Ardyanti, R., Nindarwi, D. D., Sari, L. A., & Wulan Sari, P. D. (2018). Manajemen Pembenihan Lele Mutiara (Clarias Sp.) Dengan Aplikasi Probiotik di Unit Pelayanan Teknis Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya (Upt Ptpb) Kepanjen, Malang, Jawa Timur. Journal Of Aquaculture And Fish Health, 7(2), 84. Https://Doi.Org/10.20473/Jafh.V7i2.11254
Asrifah, M. N., & Widodo, S. (2023). Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Lele (Clarias Sp.) Di Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 3(3), 638–655.
Aulia, M. R. (2021). Strategi Pengembangan Agribisnis Kabupaten Asahan Agribusiness Development Strategy Of Asahan Regency. Jurnal Agriust, 1(2), 69–75. Https://Doi.Org/10.54367/Agriust.V1i2.1437
Cresswell, K. M., Mozaffar, H., Lee, L., & ... (2017). Workarounds To Hospital Electronic Prescribing Systems: A Qualitative Study In English Hospitals. Bmj Quality & …. Https://Qualitysafety.Bmj.Com/Content/26/7/542.Short
Creswell, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dash, G., Kiefer, K., & Paul, J. (2021). Marketing-To-Millennials: Marketing 4.0, Customer Satisfaction And Purchase Intention. Journal Of Business Research, 122(February 2020), 608–620. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.2020.10.016
Dedi, A. K., Suryani, A., & Cahyadi, E. R. (2015). Prospek Pengembangan Pembenihan Ikan Lele (Clarias Sp.) Di Desa Babakan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Manajemen Ikm: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 10(1), 22–33. Https://Doi.Org/10.29244/Mikm.10.1.22-33
Faradilla, M., & Hutasuhut, J. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Budidaya Ikan Lele Di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Muslim Nusantara Al-. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13655–13664.
Fauziyah, N., Nirmala, K., & Supriyono, E. (2019). Evaluasi Sistim Budidaya Lele : Aspek Produksi Dan Strategi Pengembangannya (Studi Kasus : Pembudidaya Lele Kabupaten Tangerang) Evaluation Of Catfish Farming System : Production Aspect And Developmental Strategy ,. Jurnal Kebijakan Sosek Kp, 9(2), 129–142.
Jatnika, D., Sumantadinata, K., & Pandjaitan, N. H. (2014). Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele ( Clarias Sp .) Di Lahan Kering Di Kabupaten Gunungkidul , Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Manajemen Ikm, 9(1), 96–105.
Muslim, B., Heryadi, H., Trismawanti, I., Helmizuryani, H., Khotimah, K., Ma’ruf, I., Harmilia, E. D., & Puspitasari, M. (2021). Training On Baung Fish (Mytus Nemurus) Hatchery Techniques For Fish Cultivators In Palembang City, South Sumatra Province. Altifani Journal: International Journal Of Community Engagement, 1(2), 101. Https://Doi.Org/10.32502/Altifani.V1i2.3417
Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24. Https://Doi.Org/10.15575/Jim.V1i2.10309
Rabilla, R. R., Satria, A., & Yuliati, L. N. (2019). Strategi Pemasaran Lele Sangkuriang Organik Surya Kencana Farm Kota Bogor. Manajemen Ikm: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 137. Https://Doi.Org/10.29244/Mikm.13.2.137-142
Su’udi, M., & Wathon, S.-. (2018). Peningkatan Performa Budidaya Lele Dumbo (Clarias Garipenus, Burch) Di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Warta Pengabdian, 12(2), 298. Https://Doi.Org/10.19184/Wrtp.V12i2.8118
Wibisono, H. S. J. (2019). Brand Image , Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Jariangn Supermarket Superindo Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 27–34. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.13.1.27
DOI: https://doi.org/10.17969/agrisep.v24i1.32581
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright© 2000-2023 | ISSN: 1411-3848 | EISSN: 2579-6372
Jurnal Agrisep is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala
associated with AAI (Asosiasi Agribisnis Indonesia).
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email: agrisep@usk.ac.id
Online Submissions & Guidelines | Editorial Policies | Contact | Statistics | Indexing | Citations