Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Permintaan Sayuran Organik di Kota Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi media pemasaran sosial terhadap permintaan sayuran organik di Kota Medan dan untuk mengetahui permintaan sayuran organik di e-commerce Kota Medan. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive yaitu daerah penelitian dipili secara sengaja dengan pertimbangan daerah penelitian merupakan kota terbesar di Sumatera Utara. Penentuan sampel dilakukan dengan cara teknik Proportionate Stratified Random Sampling yaitu penentuan yang dilakukan dengan cara membagi populasi ke dalam sub populasi/strata secara proporsional dan dilakukan secara acak. jumlah sampel penelitian sebanyak 70 responden. Dalam penelitian ini, teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap permintaan sayuran organik adalah kualitas konten, pemahaman konten dan kebugaran konten hanya saja faktor kebugaran berpengaruh negatif terhadap permintaan sayuran organik dan copywriting tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan sayuran organik. Permintaan sayuran organik yang paling banyak diminta konsumen saat berbelanja online adalah sawi, selada dan bayam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2020). Kota Medan dalam Angka 2019. Medan (ID): BPS Kota Medan
Barreda, A.A. et al. (2015). “Generating brand awareness in Online Social Networks,”Computers in Human Behavior, 50, pp. 600–609. Available at: https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.08.023.
Chen, C. W. (2010). Impact of quality antecedents on taxpayer satisfaction with online tax-filing systems—An empirical study. Information & Management, 47, 308–315.
Chen, Y. C., Shang, R. A., & Li, M. J. (2014). The effects of perceived relevance of travel blogs’content on the behavioral intention to visit a tourist destination. Computers in Human Behavior, 30, 787-799.
Huber M, Rembialkowska E, Srednicka D, Bugel S, van de Vijver. (2011). Organic food and impact on human helath: Assessing the status quand prospects of research: Review. NJAS – Wageningen Journal of Life Sciences 58:103–109.
J. Adiprasetio dan U. Padjadjaran. (2019). “Copywriting Dan Jurnalisme : Tirto . Id Dan Kiat Memasarkan Berita”.
Mayrowani H. (2012). Pengembangan pertanian organik di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi 30(2): 91–108.
McKinsey&Company. (2020). How COVID-19 is Changing Consumer Behavior- now and Forever. USA
Muljaningsih S. (2011). Preferensi konsumen dan produsen produk organik di Indonesia. Wacana .14(4):1–5.
Natsir, S., (2004), Ringkasan Disertasi : Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan di Sulawesi Tengah, Disertasi, Universitas Airlangga, Surabaya.
Negash, S., Ryan, T., & Igbaria, M. (2003). Quality and effectiveness in web-based customer support systems. Information & management, 40(8), 757-768.
Nili, A., Tate, M., & Barros, A. (2017). A critical analysis of inter-coder reliability methods in information systems research.
Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4. Buku 1. Jakarta:Salemba Empat.
Silitonga J, Salman. (2014). Analisis permintaan konsumen terhadap sayuran organic di pasar modern Kota Pekanbaru. Jurnal Dinamika Pertanian 29(1):79–86.
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual &SPSS. Jakarta: Kencana.
Suardika IMP, Ambarawati IGAA, IP Sukaatmadja. (2014). Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sayur organic CV Golden Leaf Farm Bali. Jurnal Manajamen Agribisnis 2(1):1–10.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.
Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta,.
Xu, Y., & Chen, Z. (2006). Relevance judgment: What do information users consider beyond topicality? Journal of the American Society for Information Science and Technology, 57(7), 961–973
DOI: https://doi.org/10.17969/agrisep.v25i2.40979
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright© 2000-2025 | ISSN: 1411-3848 | EISSN: 2579-6372
Jurnal Agrisep is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Departemen Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala
associated with AAI (Asosiasi Agribisnis Indonesia).
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email: agrisep@usk.ac.id
Online Submissions & Guidelines | Editorial Policies | Contact | Statistics | Indexing | Citations