Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian di Pujasera Adzkia

Nova Suryani, Juli Adevia, Tia Sofiani Napitupulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian di Pujasera Adzkia. Bauran pemasaran yang dianalisis meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan teknik sampling insidental dan melibatkan 108 responden yang berkunjung ke Pujasera Adzkia. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, dan tempat memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel produk memiliki pengaruh positif dengan koefisien regresi sebesar 0,249; variabel harga memiliki pengaruh negatif dengan koefisien regresi sebesar -0,239; dan variabel tempat memiliki pengaruh positif dengan koefisien regresi sebesar 0,911. Sementara itu, variabel promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji simultan menunjukkan bahwa keempat variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung sebesar 26,329 dan signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,506 menunjukkan bahwa 50,6% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, tempat, dan promosi, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil ini, Pujasera Adzkia perlu memperhatikan kualitas produk, penetapan harga yang kompetitif, dan lokasi yang strategis untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pengelola Pujasera Adzkia dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan penjualan dan kepuasan konsumen. Selain itu, penelitian ini juga menegaskan pentingnya aspek-aspek bauran pemasaran dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.


Keywords


bauran pemasaran, keputusan pembelian, produk, harga, tempat

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Alvarez, C., & Fournier, S. (2016). Consumers’ Relationships with Brands. Current Opinion in Psychology, 10, 129–135.

Drucker, P. (2000). Linking Organizational Strategy To E-Commerce. Citeseer.

Effendy, A. A. (2019). Analisis Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 1(1), 66–82.

Fachriza, F. I., & Moeliono, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mild. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 1(2), 139–148.

Fakhri, F. R., & Zuhriyah, S. S. A. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keputusan Konsumen Berbelanja di Pasar Modern (Studi Kasus Kel. Wonokusumo, Kec. Semampir Surabaya).

Fernos, J., & Ayadi, A. S. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Donat Madu lapai. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 593–604.

Goi, C. L. (2009). A review of Marketing Mix: 4Ps or More. International Journal of Marketing Studies, 1(1), 2–15.

Hammerl, M., Dorner, F., Foscht, T., & Brandstätter, M. (2016). Attribution of Symbolic Brand Meaning: The Interplay of Consumers, Brands and Reference Groups. Journal of Consumer Marketing, 33(1), 32–40.

Išoraitė, M. (2016). Marketing Mix Theoretical Aspects. International Journal of Research-Granthaalayah, 4(6), 25–37.

Iyer, P. P., Paswan, A. K., & Davari, A. (2016). Brands, Love and Family. Journal of Product & Brand Management, 25(1), 69–83.

Kotler, P. (2018). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2020). Principles of Marketing. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management. Pearson.

Marendra, I. G. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Minimarket (Alfamart atau Indomaret). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(3), 34–52.

Mulyati, Y., & Afrinata, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 6(2), 191–200.

Ningsih, D. D. S., & Maika, M. R. (2020). Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 693–702.

Pomering, A. (2017). Marketing for Sustainability: Extending The Conceptualisation of The Marketing Mix to Drive Value for Individuals and Society at Large. Australasian Marketing Journal, 25(2), 157–165.

Randhawa, P., Calantone, R. J., & Voorhees, C. M. (2015). The Pursuit of Counterfeited Luxury: An Examination of The Negative Side Effects of Close Consumer–Brand Connections. Journal of Business Research, 68(11), 2395–2403.

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS versi 23. Elex Media Komputindo.

Sartika, W., Dewi, N., & Restuhadi, F. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Kantin Faperta UR. Riau University.

Shareen, S., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kara Santan PT Enseval Putera Megatrading, Tbk. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 46–59.

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan Reabilitas terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Aliansi:Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58.

Suciati, P., & Maulidiyanti, M. (2019). Kekuatan 7P Bauran Pemasaran Terhadap Pilihan Mahasiswa Berkuliah di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(2), 4.

Tom Dieck, M. C., & Jung, T. (2018). A Theoretical Model of Mobile Augmented Reality Acceptance in Urban Heritage Tourism. Current Issues in Tourism, 21(2), 154–174.

Young, L., & Burgess, B. (2010). Marketing Technology As A Service: Proven Techniques That Create Value. John Wiley & Sons.




DOI: https://doi.org/10.17969/agrisep.v25i2.43062

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons LicenseISSN: 1411-3848E-ISSN: 2579-6372
Copyright© 2000-2025 | ISSN: 1411-3848 | EISSN: 2579-6372 
Jurnal Agrisep is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Published by: 
Departemen AgribisnisFakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala 
associated with AAI (Asosiasi Agribisnis Indonesia)

Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email: agrisep@usk.ac.id


Online Submissions & Guidelines Editorial Policies | Contact Statistics Indexing | Citations