PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu aspek penting yang sangat diperlukan siswa dalam proses pembelajaran matematika terutama untuk membantu siswa menyelesaikan masalah-masalah matematika yang sulit (non-rutin). Hal ini dikarenakan penggunaan kemampuan berpikir kritis yang tepat akan sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis adalah pendekatan problem posing. Pendekatan problem posing yang mengharuskan siswa untuk mengajukan soal serta membuat penyelesaiannya, diasumsikan akan mampu mengembangkan kemampuan berpikir siswa terutama kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem posing dan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Sampel diambil dua kelas yaitu kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis matematis. Uji statistik yang digunakan untuk mengalisis data peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis adalah uji anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem posing lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Pendekatan Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1477 timesPDF - 4438 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Peluang
ISSN 2302-5158 (print) 2685-1539 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika, FKIP Unsyiah
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/
Email : jurnal.peluang@unsyiah.ac.id




