Model Pembelajaran: Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS

Nisdar Nisdar, Siti Magfirah Yanti

Abstract


Gaya  mengajar  guru  belum  memanfaatkan kemampuan secara maksimal, cenderung kurang bervariasi, metode yang dipergunakan adalah metode ceramah, latihan yang diberikan kepada siswa kurang bermakna, dan umpan balik serta koreksi dari guru jarang diterapkan, sehingga proses pembelajaran tidak efektif.  Siswa  sangat  ketergantungan terhadap guru dalam belajar, malas membaca bersifat hafalan yang membosankan,  tidak  menarik,  dan  berbagai  alasan lain yang bermuara pada rendahnya minat baca terhadap pelajaran sejarah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi apakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Word Square terhadap prestasi belajar siswa  mata  pelajaran  sejarah  di  SMP  Negeri  3 kejuruan Muda dan untuk mengetahui keterampilan guru  dalam  mengelola  pembelajaran  melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Word Square. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif, yang terdiri dari hasil observasi pengamatan guru  terhadap  siswa.  Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test dan observasi melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Berdasarkan analisis data diperoleh aktivitas guru pembelajaran telah melaksanakan langkah-langkah Kooperatif tipe Word Square dengan baik. Dari hasil pelaksanaan pembelajaran diperoleh skor hasil observasi guru pada siklus I 6, siklus II 79, dan  siklus  III  sebesar  86,  peningkatan  ini menunjukkan   bahwa   kreativitas   guru   meningkat dalam melaksanakan model pembelajaran tipe Word Square, dan berdampak pada prestasi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor pencapaian rerata hasil belajar siklus I sebesar 60,36 dan  KKM  yang  telah  ditetapkan  sebesar  65.  Pada siklus II diperoleh skor pencapaian rerata hasilbelajar sebesar 73,75, peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,39. Pada siklus III diperoleh skor pencapaian rerata hasil belajar sebesar 78,21, peningkatan hasil belajar sebesar 4,46. Kesimpulan dari  penelitian ini adalah model  pembelajaran  kooperatif  tipe  Word  Square dapat meningkatkan kreatifitas guru dan prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 3 Kejuruan Muda


Full Text:

PDF

References


Aninomous. 2010. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.

Asihmawarti, Istiyah. 2010. Media

Pembelajaran. Jakarta: Multi Kreasi

Surachmad, Winarso. 2005. Dasar Teknik

Reserch. Bandung: Tarsito.

Trianto. 2010. Mendesign Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Satu Delapan. Uno, Hamzah B dan Nurdin Muhammad.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Penelitian

Tindakan Kelas. Yokyakarta: 2011. Belajar

Pembeljaran Dengan Aktif, Pendekatan Inovatif,Laksana.

Aziez, F. 2010. Ensiklopedia Pendidikan Lengkap. Jakarta: Adi Aksara Abadi Indonesia.

Gapi, Arifin. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning.

Yokyakarta. Pustaka Pelajar.

Kusmana, Suherli. 2010. Model Pembelajaran

Siswa Aktif. Jakarta: Lalitya.

Muslich, Masnur. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi. 2010. Menciptakan Pembelajaran IPS efektif dan Menyenangkan. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu Delapan.

Poerwanto. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Setiyadi, Bambang. 2006. Metode Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Suhadi, Machi, dan Sutarjo Adisusilo, dkk.

Ilmu Pengetahuan Sosial

Sejarah. Jakarta: Erlangga.

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung CV Wacana Prima.

Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan

Menarik (PILKEM). Jakarta: Bumi

Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.