Model Pembelajaran: Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS
Abstract
Gaya mengajar guru belum memanfaatkan kemampuan secara maksimal, cenderung kurang bervariasi, metode yang dipergunakan adalah metode ceramah, latihan yang diberikan kepada siswa kurang bermakna, dan umpan balik serta koreksi dari guru jarang diterapkan, sehingga proses pembelajaran tidak efektif. Siswa sangat ketergantungan terhadap guru dalam belajar, malas membaca bersifat hafalan yang membosankan, tidak menarik, dan berbagai alasan lain yang bermuara pada rendahnya minat baca terhadap pelajaran sejarah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi apakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Word Square terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 3 kejuruan Muda dan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Word Square. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif, yang terdiri dari hasil observasi pengamatan guru terhadap siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test dan observasi melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Berdasarkan analisis data diperoleh aktivitas guru pembelajaran telah melaksanakan langkah-langkah Kooperatif tipe Word Square dengan baik. Dari hasil pelaksanaan pembelajaran diperoleh skor hasil observasi guru pada siklus I 6, siklus II 79, dan siklus III sebesar 86, peningkatan ini menunjukkan bahwa kreativitas guru meningkat dalam melaksanakan model pembelajaran tipe Word Square, dan berdampak pada prestasi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor pencapaian rerata hasil belajar siklus I sebesar 60,36 dan KKM yang telah ditetapkan sebesar 65. Pada siklus II diperoleh skor pencapaian rerata hasilbelajar sebesar 73,75, peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,39. Pada siklus III diperoleh skor pencapaian rerata hasil belajar sebesar 78,21, peningkatan hasil belajar sebesar 4,46. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dapat meningkatkan kreatifitas guru dan prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 3 Kejuruan Muda
Full Text:
PDFReferences
Aninomous. 2010. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.
Asihmawarti, Istiyah. 2010. Media
Pembelajaran. Jakarta: Multi Kreasi
Surachmad, Winarso. 2005. Dasar Teknik
Reserch. Bandung: Tarsito.
Trianto. 2010. Mendesign Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Satu Delapan. Uno, Hamzah B dan Nurdin Muhammad.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Penelitian
Tindakan Kelas. Yokyakarta: 2011. Belajar
Pembeljaran Dengan Aktif, Pendekatan Inovatif,Laksana.
Aziez, F. 2010. Ensiklopedia Pendidikan Lengkap. Jakarta: Adi Aksara Abadi Indonesia.
Gapi, Arifin. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning.
Yokyakarta. Pustaka Pelajar.
Kusmana, Suherli. 2010. Model Pembelajaran
Siswa Aktif. Jakarta: Lalitya.
Muslich, Masnur. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi. 2010. Menciptakan Pembelajaran IPS efektif dan Menyenangkan. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu Delapan.
Poerwanto. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Setiyadi, Bambang. 2006. Metode Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing. Yokyakarta: Graha Ilmu.
Suhadi, Machi, dan Sutarjo Adisusilo, dkk.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Sejarah. Jakarta: Erlangga.
Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung CV Wacana Prima.
Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan
Menarik (PILKEM). Jakarta: Bumi
Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.