Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Mata Pelajaran Sejarah Kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana butir-butir soal buatan guru apakah telah memenuhi standar tingkat kesukaran dan daya beda soal mata pelajaran Sejarah kelas VII semester II yang dirumuskan oleh guru mata pelajaran Sejarah pada SMP Negeri 1 Bandar Dua Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, field research dan pendekatan library research . Sedangkan metode penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII/1 yang berjumlah 40 orang, berupa pilihan ganda (multiple choice) 40 buah soal yang diberikan kepada masing-masing siswa kelas eksperimen. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus statistik. Hasil analisa data menunjukkan bahwa tingkat kesukaran soal yang dirumuskan oleh guru mata pelajaran Sejarah kelas VII pada SMP Negeri 1 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya masih kurang baik, untuk itu perlu adanya upaya guru dan juga dukungan siswa sendiri. Adapun tingkat kesukaran dari 40 buah soal yang disusun oleh guru mata pelajaran Sejarah Kelas VIV1 SMP Negeri 1 Bandar Dua ternyata ditemukan 2 soal (5%) mudah, 4 soal (10%) sukar dan 34 soal (85%) katagori sedang, sedangkan daya pembedanya adalah baik 22 soal (55%) dan 18 soal (45%) katagori jelek.
Full Text:
PDFReferences
Arifin Zainal. (1991 ). Evaluasi Instusional, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta. PV Rineka Cipta.
Anonimous. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bandung Bum Aksara.
Aziz, M. Yusuf. (2007). Pedoman Penulisan Skipsi, Pakutas Keguruan dan Hau Pendidikan Darussalam Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Bloom, Benjamin S. (Ed. 1956). Taxonomy of Educational Objectives, The Clamification of Educational Objectivas, Handbook I: Cognitive Domain, New York: David McKay Company
Buchori, M. (1983). Tehnik-tehnik Evaluasi Dalam Pendidikan, Bandung Jenunars.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional, Jakarta.
Paranto, S. (1982). Prinsip-prinsip dan Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Karya.
Purwanto, M. NG. (1992) Prinsip-prinsip dan Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suke, Silverius. (1991). Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik, JekartaPT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sukmadinata, Syaodih Nana. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung PT. Remaga Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. (1987). Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tingggi, Yogyakarta Andi Offset.
Syah, Muhibuddin. (2006). Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Tarmizi, T. dkk. (1983). Evaluasi Belajar Tahap Akhir, Jakarta: Dermaga. Thoha, Chalib. (1996). Tehnik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Riwayat: Educational of History and Humanities indexed by
___________________________________________________________
Riwayat: Educational of History and Humanities
E-ISSN 2775-5037
P-ISSN 2614-3917
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Province Aceh. Indonesia
W :https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
E : riwayat@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.