Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Kualasimpang
Abstract
Salah satu masalah yang dirasakan dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran. Dimana orientasi belajar hanya terpusat pada guru, sehingga kegiatan pembelajaran terkesan sangat membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh apa penerapan metode pembelajaran Talking Stick dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Kualasimpang pada materi Usaha Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Alat pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan metode pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VIII-D SMP 2 Kualasimpang, (2) Peningkatan pretasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Talking Stick, (3) Kendala yang dihadapi guru pada saat penerapan metode pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VIII-D SMP 2 Kualasimpang. Penelitian ini dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Pelaksanaan tindakan I dilaksanakan sebanyak 1 (satu) kali pertemuan selama 2 (dua) jam pelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan siklus I tidak terjadi peningkatan dari pre-test awal yang dilakukan peneliti. Hal itu disebabkan oleh model yang digunakan guru selama ini merupakan model konvensional. Sehingga siswa sangat bosan menerima pembelajaran IPS ini. Hasil dari penelitian ini membuktikan penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Kualasimpang.
Full Text:
PDFReferences
Cucu Suhana, Hanafian. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Koswara, Halimah, D. Deni. 2008. Bagaimana Menjadi Guru Kreatif. Bandung: PT Pribumi Mekar.
Munjin Nasih, Ahmad dan Kholidah. 2008. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: PT Refika Aditama.
Murni, Wahid dan Nur Ali. 2008. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Pribumi Mekar.
Moloeng, Lexi J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Remaja.
Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Sagala, Syaiful. 2005. Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sagala, Syaiful. 2005 Konsep dan Makna Pembelajaran. Badung: Alfabet.
Suyatno. 2009. Konsep Pembelajaran Berbasis CTL. Semarang: PT Sindur Press.
Sudarsono, M. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Remaja Karya.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media.
Wahab, Abdul Aziz. 2008. Metodologi dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabet.
Article Metrics
Abstract view : 11 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities