Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Fisika Materi Gerak Melingkar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achiement Division)

Fathiyaturrahmani Fathiyaturrahmani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Pelajaran Fisika  di kelas X-MIPA 1 , (2) Untuk meningkatkan Aktivitas siswa dan (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-MIPA 1 SMAN 2 Banda Aceh pada Pelajaran Fisika  dalam Gerak Melingkar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 1 dengan jumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi, dan penyebaran angket. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes, dan angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Pengolahan data dilakukan cara; (a) untuk melihat aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, diolah menggunakan statistik deskriptif dengan skor rata-rata, (b) data teshasil belajar siswa di olah dengan melihat tingkat ketuntasan individual dan klasikal, (c) hasil data dari angket diolah dengan menggunakan rumus persentase sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran padasikluspertama dinyatakan hampir baik (3,56)  kemudian meningkat pada siklus II dengan criteria baik ( 4,42), sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pada criteria cukup baik (3,19) kemudian siklus II pada kriteri baik (4,05).Dengan demikian proses pembelajaran mengalami peningkatan yang cukup signifikan sehingga memperngaruhi hasil belajar siswa yang cuup baik yaitu hasil belajar siswa pada awal observasi ketuntasan belajar siswa hanya 53% dari 32 siswa artinya siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 47%,

 


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:RinekaCipta.

Arikunto, dkk.2009.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002.Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta, cet. 3, 2006

E. Mulyasa. 2006. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: PuspaSwara.

Johar, Rahmahdkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Margono. 2005.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mardianto, 2012, Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.

Muhammad Nur. 2003. Keterampilan Kooperatif. Jakarta:BumiAksara.

Nasution, S. 2004. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Ed. Revisi. Jakarta: BinaAksara.

Purwanto Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan ,Bandung: Remaja Rosda Karya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar IlmuPendidikan. Bandung: Tarsito.

Syah, Muhibbin. 2005. PsikologiPendidikan. Jakarta: Raja Granfindo Persada.

Setya Nurachmandani, Fisika 2 untuk SMA/MA, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif-Progresif, konsep, landasan, dan implementasinya padakurikulum K.13: KencanaPrenada Media Group.

Wiganda, Supria. 2007. Pengelolaan Kelas & Setting Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Mitra Solusi.

Yusuf, Munawir, dkk. 2003. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problem Belajar.Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.


Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.