Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Accerated Instruction) Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa SMA 1 Kaway XVI Aceh Barat

Tarmiyanti Tarmiyanti, Amirullah Amirullah

Abstract


TAI (team accelerated instruction) merupakan pembelajaran yang saling bekerja sama, dimana akan diadakan kompetisi belajar antar tim yang diwakili satu orang dari masing-masing anggota kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar mata pelajaran sejarah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team accelerated instruction) di SMA Negeri 1 Kaway XVI kabupaten Aceh Barat. Penedkatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xb sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas Xc sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 orang di SMA Negeri 1 Kaway XVI kabupaten Aceh Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan statisyik yang sesuai yaitu dengan menggunakan rumus kolerasi product moment dengan taraf signifikan  α: 0,05 dan analisis uji-t. hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team accelerated instruction) memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kaway XVI kabupaten Aceh Barat, dengan nilai r(xy) = 0.90.  


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cet VI, Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, Max, dkk.2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwar, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center.

Lie Anita. 2004. Coperative Learning. Jakarta: Gramedia.

Nurkancana. 2002. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Riduwan.2003. Dasar-dasar Statistik, Edisi Revisi, Bandung: Arfabeta.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta. Rajawali Perss.

Sanjaya, Wina. 2005. Belajara dan implementasi kurikulum KBK. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, Robert. 2007. Cooperatif Learning Theory Research and Practise. Boston Allinand Bacon, Publisher.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Edisi VI. Cetakan ke Tiga. Bandung: Tarsito.

Sukardi. 2003. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.