Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh

Safrizal Safrizal, Fitri Arisna

Abstract


Penelitian yang berjudul “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo dancing terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran  kelas VIII-1 (eksperimen) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 83,33 persen dan kelas VIII-2 (kelas kontrol) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 40 persen.  Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh antara variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar 0,96 hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan yang erat antara  variabel X (nilai hasil siswa belajar kooperatif tipe Bamboo dancing) dan variabel Y (nilai prestasi belajar konvensional).

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahliana. 201l Penerapan Model pembelajaran Tipe STAD Pada Mata pelajaran Geografi untuk meningkatkan prestasi Belajar Siswa SMP 2 Banda Aceh. Darussalam. Al Wasliyah .

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hanafiah. 2010 Pengaruh Penerapan Model TPS Terhadap peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMP 4 Banda Aceh, Pada mata pelajaran Biologi: Darussalam. Universitas Syiah Kuala.

Harianti, Diah. 2006. Model Pembelajaran Terpadu IPS SMP / MTs / SMPLB. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hasibuan. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press. Surabaya.

Johar, Rahmah. dkk. 2006. Modul Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala.

Lie, Anita. 2005. Pembelajaran Kooperatif: Mempraktikkan Pembelajaran Kooperatif di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang. Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Pohan, Rusdin. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cetakan kedua, Ar-Rijal Institute. Banda Aceh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2007. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.


Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.