Analisis Penyebab Putus Sekolah Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 13 Tahun Sampai Dengan 16 Tahun di Desa Getasan Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon

Kris Riyanto, Etty Ratnawati, Ratna Puspitasari

Abstract


putus sekolah dan perilaku sosial

References


Abdullah RM, Pairin, Rasmi.2020. Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1 (1). Hlm. 19

Ahmadi A, Supriyono W, 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aini KA. 2020. Fenomena Sosial Anak Putus Sekolah Di Daerah Banten Ditinjau Dari Perspektif Sosiologi. Diakses dari https://www.bantennews.co.id/fenomena-sosial-anak-putus-sekolah-di-daerah-banten-ditinjau-dari-prespektif-sosiologi/

Ali, Mohamad, 2013. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: CV Angkasa

Budiningsih, Asri. 2003. Perkembangan Teori Belajar Dan Pembelajaran Menuju Revolusi-Sosiokultural Vygotsky. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol. 1 (1). Hlm. 37-48

Farah, Mutiara, 2014. Faktor Penyebab Putus Sekolah dan Dampak Negatifnya Bagi Anak. Skripsi. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/30067/24/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Fauzi N, Suasti Y.2018. Studi Tentang Faktor Penyebab Anak Puts Sekolah Di Kenagarian Air Manggis Kecamatan Lubuk Sikaping. Jurnal Buana. Vol 2 (3). Hlm. 818-822

Fitrianingsih, Rosyid R, Bambang GS. Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Desa Sungai Asam Kabupaten Kubu Raya. Diakses dari file:///C:/Users/asus/Downloads/15180-45770-1-PB.pdf

Hakim, Abdul.2020. Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah. Jurnal Pendidikan. Vol 21 (2). Hlm.123

Hikmah, Lisa, 2016. Kemiskinan dan Putus Sekolah. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi. Vol. 4 (2). Hlm. 164

Himawati, Pasca, Ika.2021. Analisis Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Kungkai Baru, Kabupaten Seluma, Bengkulu. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. Vol. 8 (4). Hlm. 1167

Iwan.(2020). Merawat Sikap Sopan Santun Dalam Lingkungan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam.Vol. 4 (1). Hlm. 98-121

Kamalia, 2019. Kecenderungan Putus Sekolah Anak Di Desa Bandung Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Skripsi. Diakses dari https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10375/1/FULL%20SKRIPSI.pdf

Kemendikbud. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran RI Tahun 2003 No. 20. Sekretariat Negara. Jakarta

Kemendikbud. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran RI Tahun 2005 No. 19. Sekretariat Negara. Jakarta

Krisnatuti D, Hastuti D, Farhatilwardah. 2019. Karakter Sopan Santun Remaja. Jurnal Ilm. Kel. & Kons. Vol.12(2). Hlm.114-125

Kurniawan Y, Sudrajat A.2020. Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa madrasah tsanawiyah. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol.15(2). Hlm.149-163

Luqman Fajar. 2016. Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di Lingkungan Lokalisasi Guyangan. Jurnal PG. Vol.3(1) Hlm. 28-38

Masdudi, Nurhayati T, Rina. 2016. Partisipasi Orangtua Terhadap Pembentukan Perilaku Sosial Remaja Di Desa Kaliwulu Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Jurnal Edueksos. Vol.5(1). Hlm. 65-77

Moleong, 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Musanna, Al.2017. Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Vol 2 (1). Hal. 118

Muslifar, Rury. 2017. Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Ikatan Konselor Indonesia. Hlm. 62-65. Diakses dari https://www.gci.or.id/assets/papers/jambore-konseling-3-2017-192.pdf

Nahar, Irwan N. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol.1. Hlm.64-74

Nurkholis,2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. Vol. 1 (1). Hlm. 24

Rahmad M. 2016. Perilaku Sosial Anak Putus Sekolah. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi.Vol.4(2). Hlm. 184-193

Sari, Mayang D. 2012. Konsep Diri Remaja Putus Sekolah. Jurnal Personifikasi.Vol.3(2). Hlm. 14-24

Sari, Yunika, Vika. 2018. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas XI IIS SMAN 2 Pontianak. Artikel Penelitian. Diakses dari file:///C:/Users/asus/Downloads/30219-75676593262-1-PB.pdf

Sholekhah, Al’kholifatus,2018. Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Desa Karangrejo Kecamatan Metro Utara. Sripsi. Diakses dari https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/765/1/AL%E2%80%99KHOLIFATUS%20SHOLEKHAH.pdf

Sjarkawi, 2015. Pembentukkan Kepribadian Anak. Jakarta: PT Bumi Aksara

Subianto, Jito. 2013. Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 8 (2). Hlm. 331-354

Sumargono, 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suyanto, Bagong. 2016. Masalah Sosial Anak. Jakarta. PT Fajar Interpratama Mandiri

Syahputra, Ari. 2020. Analisis Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Tengah Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Diakses Dari http://repository.umsu.ac.id/bitstream/123456789/5047/1/SKRIPSI%20ARI%20SYAHPUTRA.pdf

Tamba ME, Krisnani H, Gutama SA. 2012. Pelayanan Sosial Bagi Remaja Putus Sekolah. Diakses dari file:///C:/Users/asus/Downloads/13077-28279-1-SM.pdf

Tamba, MP. 2016. Realisasi Pemenuhan Hak Anak Yang Diatur Dalam Konstitusi Terhadap Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum Dalam Proses Pemidanaan. Jurnal Pendidikan. Diakses dari http://e-journal.uajy.ac.id/10659/1/JurnalHK11025.pdf

Utami, Tri, Dian. 2018. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 1 (1). Hlm 39-50

Wardiani I, Suryatman. 2018. Peran Lingkungan Keluarga Dan Masyarakat Dalam Membentuk Kepribadian Dan Perilaku Sosial Anak Usia SMP Di Wilayah Pesisir Mundu Kabupaten Cirebon. Jurnal Edueksos.Vol. 7(2). Hlm. 133-146

Wijaya H. 2018. Peranan Teori Pendidikan Dalam Mengatasi Anak Putus Sekolah Di Indonesia. Diakses dari http://www.researchgate.net/publication/322753812

Yuliani, Wiwin, 2018. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta. Vol 2 (2). Hlm. 83

Yunia, PD. 2021. Faktor Penyebab Putus Sekolah Pada Anak Di Wilayah Pedesaan. Jurnal Pendidikan Usia Dini.Vol6(1).Hlm.99-107

Yusuf, Syamsu. 2019. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v1i2.26421

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Riwayat: Educational of History and Humanities indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
Riwayat: Educational of History and Humanities

E-ISSN 2775-5037
P-ISSN 2614-3917

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Province Aceh. Indonesia
W :https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
E : riwayat@usk.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.