Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting And Extending) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI MAN 2 Aceh Tengah

Diana Febriani*, Teuku Kusnafizal, Sakdiyah Sakdiyah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI MAN 2 Aceh Tengah. Latar belakang masalah dalam penelitian ini ialah karena kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CORE di kelas XI IPS 1, tanggapan siswa kelas XI IPS 1 terhadap penerapan model pembelajaran CORE serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran CORE terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket. Pada teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, penerapan model sudah berhasil dilaksanakan pada mata pelajaran sejarah. Diperoleh hasil respon siswa baik, dengan besar pengaruh (R2) sebesar 29% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai  = 2,967, nilai  = 2,101 berarti >  atau 2,967>2,101, sesuai dengan kriteria pengujian maka  diterima. Dengan demikian,  penerapan model pembelajaran CORE berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 MAN 2 Aceh Tengah.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, CORE, Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Abdullah. Ramli. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal. 5(1): 13-28.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Budiyanto, Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam student centered learning (scl). Malang: UMM Press.

Danarjati, Dwi Prasetia dkk. 2014. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mustari, Mohammad. 2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Oktiani, Ifni. 2017. Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. 5 (2): 216-232.

Putri, Rizka Hartami dkk. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. Jurnal pembelajaran fisika. 6 (2): 168-174

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Safitri, Diana dkk. 2014. Penerapan Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X3 SMAN 1 Bangorejo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Edukasi Unej. 1 (2): 10-14

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Sudjana. 2015. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

................ 2017. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabet

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.32537

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.