Analysis of Student Difficulty Levels in Solving Spatial Structure Problems for Grade IX Students at SMPN 2 Krounjendit Mindiptana
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.24917
Arifin, M. F. (2020). Kesulitan belajar siswa dan penanganannya pada pembelajaran matematika sd/mi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989–1000.
Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematik untuk siswa kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135–1142.
Awangga, R. M. (2019). Pengantar Sistem Informasi Geografis: Sejarah, Definisi Dan Konsep Dasar. Kreatif.
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622.
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83.
Dewi, N. R., Sholechah, A., Ardiansyah, A. S., Munahefi, D. N., & Azmi, K. U. (2021). Kapita Selekta Matematika SMP. Penerbit Lakeisha.
Hardianty, M., & Septian, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa sma terhadap implementasi kurikulum 2013. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 301–310.
Hawa, S. (2021). Buku Ajar Geometri: Dan Pengukuran Berbasis Pendekatan Saintifik. Bening Media Publishing.
Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1319–1332. https://doi.org/doi.org/ 10.24815/jimps.v8i3.25117
Irwan, I. (2022). Influence Of Problem Based Learning Models (Pbl) To Problem-Solving Ability Mathematical. Journal of World Science, 1(4), 173–179.
Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641
Juniawan, E. A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dyscalculia Dalam Menggunakan Konsep Matematis Di Lihat Dari Kesalahan Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Multidisiplin Madani, 1(3), 269–286.
Khairani, B. P., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa kelas XI SMA pada materi matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 505–514.
Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model flipped classroom dan discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Prisma, 10(1), 17–29.
Khoirunnisa, S., Sulhan, S., Kalsum, U., Timbu, D. L., Ngongo, O. B., & Ambarawati, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 21–32.
Lumbantoruan, J. H., & Male, H. (2020). Analisis Miskonsepsi Pada Soal Cerita Teori Peluang Di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal EduMatSains, 4(2), 156–173.
Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816
Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.
Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415–426.
Niss, M., & Højgaard, T. (2019). Mathematical competencies revisited. Educational Studies in Mathematics, 102, 9–28.
Pratiwi, I., Manullang, B., & Ditasona, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Matematis Siswa dengan Pembelajaran Interaktif Setting Cooperative, Ekspositori, dan Problem-Based Learning. Brillo Journal, 1(1), 29–40.
Rahadatul ‘Aisy, F. (2022). Efektivitas Perjanjian Arbitrase dalam Penyelesaian Sengketa Lisensi Merek Dagang di Indonesia. Jurnal Impresi Indonesia, 1(12), 1266–1272. https://doi.org/10.58344/jii.v1i12.1302
Sihotang, H. (2020). Peningkatan Profesionalitas Guru Di Era Revolusi Industri 4.0 Dengan Character Building Dan Higher Order Thinking Skills (Studi Kasus Sekolah Di Kabupaten Nias Selatan). Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(1), 68–78.
Silaban, A. M., Simbolon, K., & Lumbantoruan, J. H. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Barisan dan Deret Aritmatika. Brillo Journal, 1(2), 95–101.
Simbolon, K. (2020). Tidak Ada Kesesuaian Tingkat Kesukaran Soal Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Soal Ujian Nasional.
Subakti, H., Laksana, I., Rochmawan, A. E., Zanthy, L. S., Louk, M. J. H., Bhoke, W., Widayanti, R., Narayanti, P. S., Firmansyah, H., & Zulkarnaen, R. (2022). Evaluasi pada pembelajaran era society 5.0. Penerbit Media Sains Indonesia.
Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 2(1), 93–101.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v6i3.33636
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Riwayat: Educational of History and Humanities indexed by
___________________________________________________________
Riwayat: Educational of History and Humanities
E-ISSN 2775-5037
P-ISSN 2614-3917
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Province Aceh. Indonesia
W :https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
E : riwayat@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.