Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah dalam Lingkungan Yayasan XYZ di Papua Interior

Atozanolo Lahagu*, Dylmoon Hidayat

Abstract


Dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah sangat dibutuhkan guru yang dapat menunjukkan kualitas kinerja yang tinggi. Kepemimpinan kepala sekolah menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi kinerja guru. Selain itu, motivasi dan disiplin kerja yang baik juga menjadi bagian penting dari diri seorang guru dalam memaksimalkan kinerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru sekolah dalam lingkungan Yayasan XYZ di Papua Interior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu analisis jalur dengan subjek 52 orang guru yang bekerja di Sekolah Yayasan XYZ Pedalaman Papua. Data yang dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru, motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru, dan disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru.


Keywords


Kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, disiplin guru, kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Asterina, Fitri, and Sukoco. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, disiplin guru terhadap kinerja guru. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan, 7(2), 208-219. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.26743

Creswell, John W. (2016). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mix Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fau, M. W., Sarmini, dan Aisyah, S. (2022). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja. Kelola 9(1), 60-71. DOI:https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p60-71

Hayati, R., Arafat, Y. & Sari, A.P. (2020). Pengaruh komitmen organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 5(2), 100-111. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3753

Kasmir. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Depok: Rajawali Pers.

Mulyasa.(2013). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ningsih, K., Harapan, E., and Destiniar. (2021). Pengaruh komite sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 1-14. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3921

Papilaya, J., Tuakora, P., & Rijal, M. (2019). Compensation, transparency, and motivation effects on the performance of junior high school teachers in western Seram, Indonesia. International Journal of Instruction, 12(3), 439-458. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12327a

Purwoko, Sidik.(2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru smk. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 149–162. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

Rahmat, I., Sa'adah L., & Aprillia, D. (2010). Faktor kompensasi, motivasi dan disiplin kerja serta pengaruhnya terhadap kepuasan kerja karyawan. Jombang: LPPM Universitas KH. Wahab Hasbullah.

Restianey, F, Harapan, E., and Destiniar.(2021).Pengaruh sertifikasi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru.Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 6(1) 34-43. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3950

Rivai, Veithzal. (2010). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan, Edisi Ketiga. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rukmana. (2018). Kualitas kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 7(1) (2), 1-13. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v7i1.6249

Seriyanti, N., Ahmad, S., & Destiniar. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah. Jurnal Manajemen Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. 6(1), 15-33. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3922

Sujana.(2019). Fungsi dan tujuan pendidikan indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1). https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Supardi. (2013). Kinerja guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Umami, S., Lian, B., and Missriani. (2021). Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja guru terhadap disiplin kerja. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 6(1), 52-66. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3961

Uno, Hamzah B. (2014). Teori motivasi & pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, Abdul & Umiarso.(2011). Kependidikan dan kecerdasan spiritual. Jogjakarta: Ar-Ruzz.

Yunus, A., A., S., P., dkk. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3625-3635. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1419




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v6i3.33889

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Riwayat: Educational of History and Humanities indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
Riwayat: Educational of History and Humanities

E-ISSN 2775-5037
P-ISSN 2614-3917

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Province Aceh. Indonesia
W :https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
E : riwayat@usk.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.