Implementation of the Problem-Based Learning Model with Spotlight Techniques in Increasing Motivation for Learning History of Class XI MIPA 6 Students at SMAN 2 Banda Aceh
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Moh R. (2005) Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. PT LKiS Printing Cemerlang: Yogyakarta
Anwar,Sjaeful. (2023). Metode Pengembangan Bahan Ajar “Four Steps Teaching Material Development (4STMD)”. Indonesia Emas Group: Bandung
Arief, Habibah Sukmini,dkk. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah. Volume 1 Nomor 1. Hal 142-143
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara: Jakarta
B. Uno, H. (2016). Teori Motivasi dan Pengukuranya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Hartata, Rus. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Sejarah. Journal Of History Education and Culture. Volume 1 Nomor 2. Hal 39.
Nur, fauziah. (2011). Penerapan Strategi Spotlight untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Urutan Bilangan Siswa Kelas II SDN 063 Bukit Kratai Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim: Riau
Octavia, Shilpy A. (2020). Model-model Pembelajaran. Penerbit Depublish: Yogyakarta
Ofianto. (2020). Pengembangan Media Timeline Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa. Jurnal Sejarah. Volume 2 Nomor 1. Hal 40-45.
Rosyidah, Nur Diana, dkk. (2019) Model Problem Based learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal UNEJ. Volume 4 Nomor 1. Hal 46-47
Sari, Rimpi Laila. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Citra Pendidikan. Volume 2 nomor 3. Hal 556
Setiawan, Andi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukidin, dkk. (2009). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Insan Cendikia.
Syafril dan Zelhendri Zen. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Kencana: Depok
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Yulia,Putri. (2014). Penerapan Teknik Spotlight dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Pythagoras. Volume 3 Nomor 2. Hal 8-10
Zahro, Mustika, Sumardi,dan Marjono. (2017). The Implementation of the Character Education in History teaching. Jurnal Historical. Volume 1 Nomor 2. Hal 4-5
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v6i3.34446
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Riwayat: Educational of History and Humanities indexed by
___________________________________________________________
Riwayat: Educational of History and Humanities
E-ISSN 2775-5037
P-ISSN 2614-3917
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Province Aceh. Indonesia
W :https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
E : riwayat@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.