Student Rationality Towards Consumptive Behavior Using ShopeePaylater

Raihan Syawal, Yosafat Hermawan Trinugraha

Abstract


Mahasiswa dipengaruhi oleh tindakan sosial instrumental ketika memperoleh barang atau alat untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka juga dipengaruhi oleh tindakan sosial rasional ketika membeli atau mengonsumsi sandang untuk beradaptasi dengan lingkungannya, berdasarkan nilai-nilai yang dianut masyarakat, dengan harapan memperoleh penerimaan. Mahasiswa terlibat dalam konsumerisme karena gejolak emosi yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis rasional mahasiswa terhadap penggunaan fitur ShopeePaylater terhadap perilaku konsumtif dan juga bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswa. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui berbagai metode seperti wawancara, pengambilan gambar, studi pustaka, pencatatan dan dokumentasi, sedangkan data dalam penelitian ini menggunakan dokumen dalam studi pustaka serta hasil transkrip wawancara dengan beberapa mahasiswa FKIP UNS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak positif dan negatif dalam penggunaan fitur ShopeePaylater terhadap perilaku konsumtif pada rasionalitas mahasiswa khususnya mahasiswa FKIP UNS, serta rasionalitas pada perilaku konsumtif mahasiswa dalam penggunaan fitur ShopeePaylater.

Keywords


Actions of Rationality, Consumptive Behavior, ShopeePaylater, Students.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, AR, Syukur, M., & Ismail, A. (2024). The Behavior of Palopo City Students Using the TikTok Application for Online Shopping in Max Weber's Perspective. Journal of Educational and Learning Sciences , 6 (3).

APJII “Association of Indonesian Internet Service Providers”, Internet User Diagram 2018-2022,‖ nd, https://apjii.or.id/content/utama/104 .

Rachma, AF (2022). Max Weber's Theory of Social Action on Shopee-Based E-commerce Consumption of Female Students (Case Study of Female Students of the Social Sciences Education Study Program, Faculty of Islamic Education and Teaching, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v7i4.41625

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Riwayat: Educational of History and Humanities indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
Riwayat: Educational of History and Humanities

E-ISSN 2775-5037
P-ISSN 2614-3917

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Province Aceh. Indonesia
W :https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
E : riwayat@usk.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.