Berbagai Jenis Pengorganisasian Kurikulum

Indra Laksana, Iswanto Ariga, Suci Ananda Retno, Hariani Hariani, Hadi Saputra Panggabean

Abstract


Pengorganisasian pada kurikulum merupakan sebuah bentuk penyususnan bahan ajar yang akan diberikan kepada peserta didik. Pengorganisasian ini juga merupakan sebuah cara untuk mempermudah ketercapaian dalam proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tulisan ini bertujuan untuk mengulas berbagai jenis pengorganisasian kurikulum yang dikembangkan oleh para ahli pendidikan serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengorganisasian pada kurikulum. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi pustaka. Hasil telaah menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis pengorganisasian kurikulum, seperti kurikulum mata pelajaran, kurikulum terhubung, kurikulum luas, kurikulum terpadu dan kurikulum inti. Pemilihan jenis pengorganisasian kurikulum yang tepat harus mempertimbangkan berbagai macam faktor, diantaranya tujuan pendidikan, karakteristik peserta didik, kondisi sekolah serta konteks sosial dan budaya.

Keywords


Kurikulum, Jenis Pengorganisasian, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anshori, Muhammad Mukhlis, and Nurul Umamah. 2022. “Organisasi Kurikulum (Fokus: Konsep, Prinsip, Elemen, Integrasi Dan Ruang Lingkup Pengorganisasian).” Social Society 2.

Azis, A., & Nurasiah, N. (2024). Development of History Problems Based on Higher Order Thinking Skills (HOTS) Using Anderson Krathwohl Taxonomy. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 7(1), 111-118.

Baderiah. 2018. Buku Ajar Kurikulum. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Hidayat, Rahmat, and Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan : Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

I. M. Kartika. 2010. Pengertian Peranan Dan Fungsi Kurikulum. Denpasar: FKIP Universitas Dwijendra Denpasar.

Panjaitan, Keiza, and Dkk. 2024. “Memahami Pendekatan Dan Organisasi Kurikulum.” Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia 4.

Rosidah, Ani, Faridah Isroani, Andi Rahmatia Karim, Putri Hana Pebriana, and Tryatman. 2023. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Cirebon: LovRinz Publishing.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Sugiana, Aset. 2018. “Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia.” Pedagogik 05: 257–73.

Suryosubroto, B. 2005. Tata Laksana Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Setiawati, I., Wardani, S., & Lestari, W. (2024). Development of Wordwall-based Indonesian Geographical Condition Assessment Instrument in Modipaskogo E-Book for Elementary School Students. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 7(1), 48-65.

Triwiyanto, Teguh. 2022. Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Wulandari, D. (2024). The Effectiveness of Youtube Channel as Learning Media at Conversation Class. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 7(1), 67-69.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i3.47184

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.