Pengaruh Penggunaan Aplikasi Chatgpt terhadap Produktivitas Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akademik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi ChatGPT terhadap produktivitas mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan desk research dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form kepada 70 mahasiswa yang menggunakan ChatGPT. Hasil penelitian ini adalah penggunaan aplikasi ChatGPT secara nyata telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan produktivitas mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik. Aplikasi ChatGPT tidak hanya mempercepat proses pengerjaan tugas, tetapi juga memberikan berbagai manfaat penting yang mendukung keberhasilan studi mahasiswa secara menyeluruh, seperti kemudahan dalam mengakses dan menemukan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan efisien, penyediaan informasi yang relevan serta sesuai dengan kebutuhan akademik, dan bantuan dalam memahami materi-materi kuliah yang kompleks.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, R., Ahmad, Rizki, B., Mohammad, Pradana, B., & Raditya. (2024). Pengaruh Penggunaan Ai Terhadap Kompetensi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 201–210. https://doi.org/10.36040/jati.v9i1.12205
Annas, A. N., Wijayanto, G., Didik Cahyono, Muh. Safar, & Ilham. (2024). Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Artificial Intelligences (AI) Chat Gpt Dan Bard AI Sebagai Alat Bantu Bagi Mahasiswa Dalam Mengerjakan Tugas Perkuliahan. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 332–340. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/617
Aulia, H. P., Azfirna, A., & Rizka. (2025). Pengaruh Teknologi ChatGPT terhadap Kemampuan Komunikasi Tertulis. IKON, 29(2), 31–38.
Azis, A., & Kusnafizal, T. (2024). Information and Communication Technology in the Learning Process. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(1), 158-170.
Erizal, R. M., Safitra, A., Mulia, P. F., & Azmi, Z. (2024). Analisis Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Menggunakan Platform Chat-GPT Untuk Mendukung Proses Pendidikan Bagi Mahasiswa. Student Scientific Creativity Journal, 2(1), 187–197. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i1.2711
Fauzan, R., Harsono, K., Meisandy, R. P., Barokah, M., & Muhaimin, M. I. (2024). Optimising Human Resource Management as an Effort to Improve Employee Performance through Digital Attendance. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 7(1), 16-25.
Febrianty, C., Tiara Puspita Sari, M., & Hanasta Syarafi, R. (2024a). Analisis Dampak Chatgpt Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 949–961. https://doi.org/10.36040/jati.v9i1.12513
Febrianty, C., Tiara Puspita Sari, M., & Hanasta Syarafi, R. (2024b). Analisis Dampak Chatgpt Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa. Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 949–961. https://doi.org/10.36040/jati.v9i1.12513
Hutapea, G. L., & Rantung, J. (2024). Hubungan Persepsi Mahasiswa Keperawatan dengan Sikap Penggunaan Chat GPT. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(2), 519–528. https://doi.org/10.54082/jupin.350
Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). Persepsi Mahasiswa Ftik Iain Kerinci Terhadap Penggunaan Chatgpt Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13, 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v13i2.2653
Muhammad Nur Rachman Nidhi Suryono, Rommy Esvaldo Bhagaskara, Muhammad Aldi Pratama, & Arista Pratama. (2023). Analisis Pengaruh ChatGPT Terhadap Produktivitas Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 364–373. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.511
Mutiah, M., Nova Supriyedi Patty, E., & Astuti Iriani, S. (2024). Analisis Pemanfaatan Artificial Intelligence Menggunakan Platform Chat-GPT dalam Mendukung Proses Pembelajaran Mahasiswa Universitas Bumigora. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4432–4440. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1397
Ningrum, A. R., Saputra, B. A., Mahardika, Y., Puspita, N., & Surakarta, P. I. (2024). Analisis Penerapan Chatgpt Sebagai Alat Bantu Akademik. November, 1376–1384.
Nufus, H. (2024). Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STMIK Antar Bangsa. Jurnal Teknik Informatika, VOL. X NO. 1(1), 28–31.
Romulo, C. S., & Dalimunthe, Z. (2024). Effect of related party transaction and tax haven utilization on tax avoidance moderated by Country-by-Country reporting. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 7(1), 26-40.
Sakti, Y. P. B., Fariz, Abadi, M. M. K., Nail, M., Hadi, & Putra, R. A. S. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis : Pengaruh Penggunaan ChatGPT dalam Proses Pembelajaran Systematic Literature Review : The Effect of ChatGPT Utilization in the Learning. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 15–37.
Sitorus, M., & Murti, M. D. F. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Pada Pembelajaran di Cyber University. Jurnal Ilmu Komputer, Sistem Informasi & Teknologi Informasi (Innotech), 1(2), 90–101.
Sukma, G. D., Farisa, F. A., Amelia, L. K., Zahran, M. A., & Rozak, R. W. A. (2025). Pemahaman Pelajar Tentang Kecerdasan Buatan Dan Implikasinya Terhadap Literasi. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(02), 212–223. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i02.1293
Syanzani, A. A., Azrina, N., & Fitriani, V. (2024). Analisis Keefektifan ChatGPT dalam Membantu Proses Belajar pada Mahasiswa STMIK Antar Bangsa. Jurnal Teknik Informatika Stmik Antar Bangsa, VOL. X NO.02(02), 32–39.
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i3.47659
Article Metrics
Abstract view : 68 timesPDF - 28 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities