Hubungan antara Harga Diri dan Regulasi Emosi terhadap Perilaku Asertif Mahasiswa Berpacaran Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan regulasi emosi terhadap perilaku asertif mahasiswa yang sedang menjalin hubungan pacaran di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Fenomena bucin (budak cinta) yang kerap muncul dalam hubungan pacaran menjadi latar belakang penting, karena dapat menurunkan perilaku asertif serta kualitas hubungan yang sehat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan jumlah responden sebanyak 112 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah skala harga diri (State Self-Esteem Scale), skala regulasi emosi (Emotion Regulation Questionnaire), dan skala perilaku asertif (Assertiveness Formative Questionnaire) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa ketiga variabel berada pada kategori tinggi. Hasil regresi berganda menunjukkan bahwa harga diri (p = 0,014) dan regulasi emosi (p < 0,001) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku asertif, dengan kontribusi sebesar 54,9%. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan harga diri dan regulasi emosi dalam meningkatkan perilaku asertif mahasiswa, terutama dalam konteks relasi interpersonal seperti pacaran. Hasil penelitian ini juga menjadi dasar intervensi layanan bimbingan dan konseling di perguruan tinggi dalam mendukung relasi yang sehat di kalangan mahasiswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardaningrum, D. Z., & Savira, S. I. (2022). Hubungan antara harga diri dengan perilaku asertif mahasiswa selama masa pandemi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(7), 107–120. https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i7.4797
Astuti, D. W., & Muslikah. (2019). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS XI. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2).
Ayu, W. T. (2020). Konsep diri, regulasi emosi dan asertivitas pada mahasiswa. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 4(1), 25–33.
Azizah, W., & Indrawati, E. (2025). Kematangan Emosi dan Harga Diri dengan Kecenderungan Perilaku Asertif pada Siswa Kelas X. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 9(1), 186–195.
Coopersmith, S. (1968). Studies in self-esteem. Scientific American, 218(2), 96–107.
Dias, C. R., Seild-de-Moura, M. L., & Souza, L. K. De. (2021). Effects of rational emotive behavior theraphy and psychoeducation on assertive behavior of university students. Trends in Psychology, 29(3), 59–617. https://doi.org/10.1007/s43076-021-00066-0
ElBarazi, A. S., Mohammed, F., Mbrok, M., Adel, A., Abouelkheir, A., Ayman, R., Mustfa, M., Elmosallamy, M., Ysser, R., & Mohamed, F. (2024). Efficiency of assertiveness training on the stress, anxiety, and depression among college students (Randomized Control Trial). Journal of Education and Health Promotion, 14(7). https://doi.org/10.4103/jehp.jehp_203_24
Erickson, A. S. G., & Noonan, P. M. (2018). Assertiveness formative questionnaire: Technical report. University of Kansas, Center for Research on Learning. https://www.researchcollaboration.org/uploads/AssertivenessQuestionnairelnfo.pdf
Faravelli, C., Salvatori, S., Galassi, F., Aiazzi, L., Drei, C., & Cabras, P. (1997). Epidemiology of somatoform disorders: a community survey in Florence. Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology, 32(1), 24–29. https://doi.org/10.1007/BF00800664
Fathia, A. T. N. I., & Herawati, E. (2023). Proses dan makna pacaran di kalangan mahasiswa: Studi fenomenologi. UMBARA: Indonesian Journal of Anthropology, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.24198/umbara.v8i1.48390
Freud, S., & Freud, E. L. (1992). Letters of Sigmund Freud. Courier Corporation.
Gross, J. J., & John, O. P. (2003). Individual differences in two emotion regulation processes: implications for affect, relationships, and well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 85(2), 348.
Heatherton, T. F., & Polivy, J. (1991). Development and validation of a scale for measuring state self-esteem. Journal of Personality and Social Psychology, 60(6), 895.
Istiqomah, A. P., & Hariyadi, S. (2022). Hubungan antara harga diri dengan perilaku asertif pada mahasiswa yang aktif dalam organisasi. Journal of Social and Industrial Psychology, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/sip.v11i1.61553
Kawamoto, Y., Shotake, T., Nozawa, K., Kawamoto, S., Tomari, K., Kawai, S., Shirai, K., Morimitsu, Y., Takagi, N., Akaza, H., Fujii, H., Hagihara, K., Aizawa, K., Akachi, S., Oi, T., & Hayaishi, S. (2007). Postglacial population expansion of Japanese macaques (Macaca fuscata) inferred from mitochondrial DNA phylogeography. Primates, 48(1), 27–40. https://doi.org/10.1007/s10329-006-0013-2
Masrida, A. A., & Ifdil, I. (2020). Kondisi Psychological Well-Being Siswa yang Berperilaku Konsumtif. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(3), 195–204.
Muslikah, M., & Azizah, N. (2021). Hubungan antara manajemen waktu dan regulasi diri dengan kecanduan smartphone. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(1), 11–20. https://doi.org/10.20527/psikoborneo.v10i1.4219
Nabilah, N. A., & Darmaningrum, K. T. (2023). Peran Penyuluh Agama Dalam Kehidupan Masyarakat Marginal. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 5(2), 198–212. https://doi.org/10.32332/jbpi.v5i2.7914
Opatha, H. H. D. P. J., & Opatha, H. H. D. N. P. (2020). Assertiveness and its relationship with self-esteem: An empirical study of senior managers in a Sri Lankan bank. Asian Journal of Social Science and Management Technology, 2(2), 52–60.
Perwira, F. A., Lamury, C. D. F., & Purba, J. M. D. (2024). The relationship between self-esteem and emotion regulation on assertiveness of psychology students at UIN Sunan Gunung Djati Bandung. European Journal of Psychological Research, 11(4), 77–85.
Petrova, K., & Gross, J. J. (2024). Emotion regulation in self and others. In R. J. T. A. L. Miller (Ed.), Emotion regulation and parenting (pp. 35–54). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781009304368.004
Pinus, M., Cao, Y., Halperin, E., Coman, A., Gross, J. J., & Goldenberg, A. (2025). Emotion regulation contagion drives reduction in negative intergroup emotions. Nature Communications, 16(1), 2. https://doi.org/10.1038/s41467-025-56538-x
Pitaloka, S. A., & Rantung, J. (2023). Kemampuan berperilaku asertif mahasiswa ilmu keperawatan Universitas Advent Indonesia. Jurnal Skolastik Keperawatan, 9(2), 134–148. https://doi.org/10.35974/jsk.v9i2.3255
Prastiwiningtyas, S. A., & Fasikhah, S. S. (2025). Pelatihan regulasi emosi untuk meningkatkan self esteem pada remaja. Cognicia, 13(1), 16–22. https://doi.org/10.22219/cognicia.v13i1.39239
Rokhmatika, N., & Muslikah, M. (2024). Pengembangan instrumen self-esteem Coopersmith (citra diri). Jurnal Layanan Ilmiah STAIKU, 1(1), 2. https://www.jasapublishjurnal.com/jli.staiku.ac.id/index.php/st/article/view/3
Speed, B. C., Goldstein, B. L., & Goldfried, M. R. (2018). Assertiveness training: A forgotten evidence-based treatment. Clinical Psychology: Science and Practice, 25(1). https://doi.org/10.1111/cpsp.12216
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cv. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.48159
Article Metrics
Abstract view : 38 timesPDF - 33 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities