Pengaruh Dakwah Khuruj Fi Sabilillah terhadap Keharmonisan Rumah Tangga dan Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Jamaah Tabligh di Waisai

Muhammad Yamin Maradjabessy, Muhammad Rusdi Rasyid, Bambang Sunatar, Abdullah Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh aktivitas Khuruj Fi Sabilillah terhadap keharmonisan keluarga Jamaah Tabligh di Waisai, menganalisis kontribusinya terhadap penguatan pendidikan agama Islam dalam keluarga, serta menelaah capaian yang diperoleh oleh keluarga yang rutin mengikuti Khuruj. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada 40 keluarga Jamaah Tabligh di Waisai, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan studi pustaka, kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Khuruj Fi Sabilillah berpengaruh signifikan terhadap keharmonisan rumah tangga sekaligus berperan positif dalam meningkatkan pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga. Praktik ini mendorong terjalinnya komunikasi yang efektif, pembiasaan ibadah, serta internalisasi nilai-nilai Islam di antara anggota keluarga. Selain itu, dukungan aktif dari istri dan keterlibatan seluruh anggota rumah tangga menjadi faktor penting dalam memaksimalkan dampak positif Khuruj. Penelitian ini mengimplikasikan perlunya keluarga Jamaah Tabligh menjaga keseimbangan antara aktivitas dakwah dan tanggung jawab keluarga, sekaligus memperkuat pendidikan agama Islam secara berkelanjutan.


Keywords


Khuruj Fi Sabilillah; keharmonisan keluarga; pendidikan agama Islam; Jamaah Tabligh; Waisai

Full Text:

PDF

References


Abdillah, M. Z. (2018). Pengaruh Dakwah Jamaah Tabligh terhadap Pembangunan Masyarakat Muslim di Lombok Sejak Tahun 2011-2016. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2), 1-16.

Abdillah, W., & Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Abduh, Abu Muhammad bin Ahmad. (2008). Kupas Tuntas Jama’ah Tabligh I. Bandung: Khoirul Ummat.

Ali, M. (2020). Maulana Ilyas and the Formation of Tablighi Jamaat: A Historical Perspective. Journal of Islamic Studies, 29(3), 45-60.

Amini. (2007). Peran dan Fungsi Keluarga. Surabaya: [Nama Penerbit].

Andrian, Y. (2019). Pendekatan Dakwah Jama’ah Tabligh dalam Meningkatkan Ketaatan Beragama Masyarakat. Jurnal Nizham, 7(1), 1-15.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

As-Sirbuny, Abdurrahman Ahmad. (2012). Kupas Tuntas Jama’ah Tabligh. Cirebon: Pustaka Nabawi.

Aziz, M. Ali. (2003). Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media.

Baharuddin. (2014). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Basri, Hasan. (1996). Membina Keluarga Sakinah (Cet. 4). Jakarta: Pustaka Antara.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Bungin, M. Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Chatib, Munif. (2013). Orangtuanya Manusia. Bandung: Kaifa.

Darmawan, Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Deirajat, Zakiyah. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2004). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

El Ishaq, Ropingi. (2016). Pengantar Ilmu Dakwah: Studi Komprehensif Dakwah dari Teori ke Praktik. Malang: Madani.

Farmawati, Cintami. (2022). Keharmonisan Keluarga Pascakrisis. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Fatoni, Abdurrahman. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghony, M. Djunaidi, & Fauzan Almanshur. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghozali, I. (2016). Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SMARTPLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2023). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2021). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi SmartPLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gunawan, Heri. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Jakarta: Andi Publisher.

Harahap, Risalan Basri. (2021). Jamaah Tabligh; Sebuah Fenomena Antara Dakwah dan Keluarga: Ilmu Kesyariahan dan Keperdataan. Al-Maqasid, 7(1), 34-46.

Hawari, Dadang. (1997). Al-Qur’an: Ilmu Kesehatan Jiwa dan Jiwa. Yogyakarta: PT Dana Bhakti Prima Yasa.

Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ishaq, An Nadhr M. (2007). Khuruj Fisabilillah; Sarana Tarbiyah Umat Untuk Membentuk Sifat Imaniyah (terj. Abu Sayyid Akmal, ed. 6). Bandung: Pustaka Ramadhan.

Jogiyanto, H., and Abdillah, W., in the year of two thousand and twenty. Konsep dan aplikasi PLS, Dalam penelitian empiris, bersinar, Menyingkap data, menjalin makna, Langkah demi langkah, kita melangkah. In Yogyakarta's embrace, Where BPFE stands tall, A beacon of knowledge, In the heart of it all.

Kamalludin. (2018). Pembinaan Keluarga dalam Perspektif Jamaah Tabligh: Islamic Law. Mizan, 2(1), 17-46.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2009). Al-Qur’an. Bandung: Media Fitrah Rabbani.

Khan, F. (2019). The Role of Tablighi Jamaat in Promoting Islamic Values Globally. International Journal of Islamic Studies, 11(2), 89-105.

Mahmud, dkk. (2013). Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata.

Meichiati. (2014). Membangun Keharmonisan Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mubarok, Ahmad. (2006). Nasehat Perkawinan dan Konsep Hidup Keluarga. Jakarta: Jati Bangsa.

Munawir, A. W. (2002). The Complete Al-Munawwir Dictionary, Arabic-Indonesian, Edition 25. Surabaya: A Library of Progress.

Musyafi, Lutfi. (2024). Anggota Jamaah Tabligh. Wawancara. Waisai, 12 September.

Muthalib, S. A. (2022). Pemenuhan Nafkah bagi Keluarga Jamaah Tabligh di Montasik Aceh. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Nata, Abuddin. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nazir, M. (2020). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nomani, Muhammad Mansur. (tanpa tahun). Riwayat Hidup Syaikh Maulana Ilyas Rah. Bandung: Zaadul Ma’ad.

Noor, Juliansyah. (2010). A methodology for research, In theses, dissertations, and scholarly works, A guide to the paths of inquiry, Where knowledge blooms and wisdom sparks. In Jakarta's embrace, Kencana Prenada Media Group stands, A beacon of words, In the city's vibrant hands.

Olson, D. H., & DeFrain, J. (2006). Marriages and Families: Intimacy, Diversity, and Strengths (5th ed.). New York: McGraw-Hill.

Qaimi. (2014). Dalam Meichiati, Membangun Keharmonisan Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Raco, J. R. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ridwan, M. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Roni, M. E. (2021). Pemenuhan Nafkah bagi Keluarga Jamaah Tabligh saat Khuruj Fi Sabilillah (Studi Kasus Jamaah Tabligh Kota Medan). Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial, 9(2), 85-98.

Samsidar. (2020). Khuruj dan Keharmonisan Keluarga Jamaah Tabligh di Kabupaten Bone. Jurnal Al-Qalam, 26(2), 123-136.

Sarwan, et al. (2021). Sejarah Pemikiran dan Gerakan Dakwah Jamaah Tabligh. Al-Hikmah: Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 8(2), 28-45.

Shabaq, An Nadhr M. Ishaq. (2001). Khuruj Fi Sabilillah: Metode Dakwah Jamaah Tabligh. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Solimun. (2022). Analisis Multivariat: Pemodelan Struktural Partial Least Square (PLS). Malang: UB Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunarti, E. (2004). Ketahanan Keluarga Indonesia: Teori, Penelitian, dan Pembangunan Keluarga. Bogor: IPB Press.

Syihab, M. Quraish. (2023). Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Wahid, A. H., & Muhaimin, A. (2020). Pemahaman Jamaah Tabligh terhadap Ayat-Ayat Dakwah dan Implikasinya terhadap Konsep Khurūj dan Jawlah. Ilmu Ushuluddin, 7(1), 1-15.

Yunus, Mahmud. (1973). Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: YPPA.

Zubaidah. (2019). Pendidikan Karakter: Pendekatan Teoretis dan Praktik di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Aziz, M. A. (2024). Ilmu dakwah (Edisi revisi). Prenada Media.

Firdaus, M., Hidayat, E. N., & Bintaro, S. (2020). Ilmu dakwah praktis: Dakwah millenial. UMM Press.

Hamid, L. M. A. (2023). Paradigma dakwah Syekh Yusuf Al-Qaradhawi: Rekonstruksi pemikiran dakwah harakah. Merdeka Kreasi Group.

Lasswell, H. D. (1948). The structure and function of communication in society. In L. Bryson (Ed.), The communication of ideas (hlm. 37–51).

Qadaruddin, M. (2019). Pengantar ilmu dakwah. CV. Penerbit Qiara Media.

Wahidin, S. (2011). Pengantar ilmu dakwah. PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49015

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.