Kepemimpinan Transformatif Ketua Yayasan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Annur Waraitama (SP I) Kabupaten Teluk Bintuni
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis bagaimana model kepemimpinan ketua yayasan dalam meningkatkan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Annur Waraitama (SP 1) Kabupaten Teluk Bintuni serta menganalisis bagaimana dampak kepemimpinan transformatif ketua yayasan dalam meningkatkan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Annur Waraitama (SP 1) Kabupaten Teluk Bintuni.
Jenis penelitian ini adalah Deskripsi Kualitatif. Pendekatan penelitian adalah pendekatan pendidikan Islam dan Sosiologi. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Pertama, Model kepemiminan ketua yayasan dalam meningkatkan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Annur Waraitama (SP I) Kabupaten Teluk Bintuni adalah dengan menerapkan model kepemimpinan demokratis dan model kepemimpinan dengan keteladanan. Dampak kepemimpinan transformatif ketua yayasan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Annur Waraitama (SP I) Kabupaten Teluk Bintuni adalah Terciptanya hubungan harmonis antara madrasah dan masyarakat, terbentuknya semangat dan Motivasi kerja dan lahirnya generasi qurani, cerdas dan berkarakter.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A. Kadir. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif, edisi I. Makassar: CV. Indobis Media Centre, 2003.
Ali, Sayuthi. Metode Penelitian Agama (Pendekatan Teori dan Praktek). Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
Amirudin, Muhamad. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MtsN 2 Kota Kediri. Malang, Universitas Islam Negeri Malang, 2018.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Cet. IV; Jakarta: Rieneka Cipta, 1998.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, edisi revisi. Cet. XIII; Jakarta: Rieneka Cipta, 2006.
Arikunto, Suharsinmi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Yogyakarta: DIVA Press, 2012.
Bachtiar, Wardi. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1997.
Baharuddin dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Bass, Benard M. Leadership and Performance Beyond Expectations. New York: The Free Press, 1985.
Bugin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Cet. III; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Danim, Sudarwan. Kepemimpinan Pendidikan Kepemimpinan Jenis (IQ+EQ) Etika, Prilaku, Motivasi dan Mitos. Bandung: Alfabeta, 2012.
Danim, Sudarwan. Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Danim, Sudarwan. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Dirawat dkk, Kepemimpinan Pendidikan. Cet. III: Surabaya: Usaha Nasional, 1986.
Fachrudin, Soekarnto Indra. Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Bogor: Graha Indonesia, 2006.
Gary A. Yuki dalam Kathryn M. Bartol & David C. Martin, Manageme. Jakarta: Balai Pustaka Press, 2007.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: UGM Press, 1999.
Harbani. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta 2008.
Harsono, Roni. “Teori Kepemimpinan Transformasional Benard M. Bass dan Aplikasinya dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam”, Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, Vol. 03., No. 02. (2022).
Hasibuan, Malayu. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.
Hidayat, Rahmat. Ilmu Pendidikan Islam Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI), 2016.
K. Yin, Robert. Studi Kasus: Metode dan Desain Penelitian. Jakarta: PT. Rajawali, 2002.
Kafi, Abdul. Strategi Kepala Madrasah Dakam Meningkatkan Mutu Lembaga Di MTsN 6 Puncu Kediri. Kediri: Intitut Agama Islam Negeri Kediri, 2018.
Kartono, Kartini. Pengantar Metodologi Research Sosial. Bandung: Alumni, 2004.
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: CV. Diponegoro, 2000.
Kisbiyanto. Manajemen Pendidikan: Pendekatan Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Idea Press, 2011.
Kolis, Nur. Manajemen Berbasis Sekolah Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: Granedia Widiasarana Indonesia, 2017.
Komariah, Aan dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Mahtadi, Asep Saeful. Metode Penelitian Dakwah. Bandung: Pustaka Setia, 2003.
Maki, H. Ahmad. “Kepemimpinan Transformasional Dalam Pembinaan Toleransi Budaya Mahasiswa Di Ma’had Al-Jamiah IAIN Palangka Raya.”, Tesis, Palangka Raya: Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya (2015).
Maudin dkk., “Pentingnya Kerjasama Guru dan Orang Tua Siswa Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Pada SMP Negeri 14 Baubau”, Jurnal Pendidikan Islam: Syattar, Vol 1, No. 2. Mei 2021.
Meleong, Lexy J. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Cet. II; Bandung: Rosda Karya, 2007.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.
Muhtadi, Asep dan Agus Ahmad Safei, Metode Penelitian Dakwah. Cet. I; Bandung Pustaka Setia, 2003.
Mulyasa, Enco. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Mulyasa. kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.
Musdalifah. “Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di SMA Negeri I Barru Kabupaten Barru”, Tesis, Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (2020).
Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kecana, 2015.
Nasution, S. Metode Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tasinto, 1996.
Nazir, Muh. Metde Penelitian. Jakarta: Ghalia Indnesia, 1988.
Nonci, M. Hajir. Sosiologi Agama. Makassar: Alauddin University Press, 2014.
Northouse, Peter G. Kepemimpinan Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks Jakarta, 2013.
Nurhasanah. “Peran Masyarakat Dalam Lembaga Pendidikan,” Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2017).
Pawito. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Cet. I; Yogyakarta: PT. LKS Yogyakarta, 2008.
Poewadarminta W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2003.
R. Djatmiko D. Pengetahuan Hukum Perdata dan Hukum Dagang. Bandung: Angkasa, 2004.
Raharjo, Sabar Puji, dkk., Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.
Raihan. Kepemimpinan Sekolah Transformatif. Yogyakarta: LkiS, 2010.
Rianie, Nurjannah. “Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan Dalam Konsep Teori Pendidikan Islam Dan Barat)” Jurnal: Management of Education, Vol. 1, No. 02; h. 105.
Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
Rohmat. Kepemimpinan Pendidikan Konsep dan Aplikasi. Cet I; Purwokerto: STAIN Press, 2010.
Rohmat. Kepemimpinan Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Cet. I; Purwokerto: STAIN Press, 2010.
Rusman. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja wali Pers, 2009.
Sahara, Zaini. “Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Tekad Profesional Kepala Madrasah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di MTs Negeri 2 Medan”, Tesis, Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (2029).
Sallis, Edward. Total Quality Management in Education. Jogjakarta: IRCiSoD, 2008.
Sembiring, Sentosa. Hukum Perusahaan dalam Peraturan Perundang-Undangan. Bandung: Nuansa Aulia, 2006.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian alQur’an. Cet. IV, Jilid. II; Jakarta: Lentera Hati, 2011.
Singarimbun, Masri. Metodologi Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES, 1980.
Sudarman, Dasim dan Suparno. Manajemen Dan Kepemimpinan Transformasional Visi dan Strategi Sukses Era teknologi. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Sugiyono. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2009.
Sukardi. Metodelogi Penelitian Kompetensi dan Prakteknya. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Supranto, J. Metode Riset, Aplikasinya Dalam Pemasaran. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI, 1998.
Suprayogo, Imam dan Tabroni, Metode Penelitian Sosial Agama. Cet. II; Bandung: Rosda Karya, 2003.
Surahmat, Winarto. Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito, 1990.
Suryana, Asep dan Kholid Musyaddad, Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sutikno, Sobry. Pemimpin dan Kepemimpinan: Tips Praktis Untuk Menjadi Pemimpin Yang Diidolakan. Lombok: Holistica, 2014.
Taqiyah, Lubna. “Peran Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan Di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta” Tesis, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (2016).
Tinjak, Marisi Br. “Kepemimpinan Transformasional Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Di SMK Negeri 4 Tebing Tinggi”, Tesis, Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (2022).
Tuala, Riyuzen Praja. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Bandar Lampung: Lintang Rasi Aksara Books, 2018.
Umar, Mardan dan Feiby Ismail, “Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming dan Joseph Juran),” Jurnal Pendidikan Islam Iqra, Vol 11, No. 2, (2017).
Undang-Undang Tentang SISDIKNAS. Jakarta: Sinar Grafika, 1991.
Untung, Budi. Reformasi Yayasan: Perspektif Hukum dan Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset, 2002.
Veithzal, Rivai. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2003.
Wahab, Wahab, Abdul Aziz. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.
Wahyudi. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfa Beta, 2009.
Wibowo. Kepemimpinan: Pemahaman Dasar, Pandangan Konvensional, Gagasan Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016.
Wibowo. Manajemen Perubahan. Cet V; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2016.
Wijono, Sutarto. Kepemimpinan Dalam Perspektif Organisasi Edisi Pertama. Jakarta: Prenada media Group, 2018.
Wuradji. The Aducational Leadership: Kepemimpinan Transformasional. Yogyakarta: Gama Media, 2009.
Wuradji. The Educational Leadership: Kepemimpinan Transformasional. Yogyakarta: Gama Media, 2008.
Zulkarnain. Dinamika Kelompok: Latihan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49016
Article Metrics
Abstract view : 31 timesPDF - 18 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities