Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Penguatan Karakter dan Sikap Peduli Sosial di SMA GUPPI Fafanlap Raja Ampa

Husen Alkadry, Suparto Iribaram, Hasbullah Hasbullah, Muhammad Satir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah pertama, Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Penguatan Karakter dan Sikap Peduli Sosial di SMA GUPPI Fafanlap Raja Ampat. Kedua, Untuk mendeskripsiskan dan menganalisis factor pendukung dan penghambat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Penguatan Karakter dan Sikap Peduli Sosial di SMA GUPPI Fafanlap Raja Ampat. Ketiga, Untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan sikap sosial pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA GUPPI Fafanlap Raja Ampat

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif.  Teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Penguatan Karakteer dan Sikap Peduli Sosial di SMA GUPPI Fafanlap Raja Ampat menjadi kunci pembentukan karakter siswa berakhlak mulia. Pembentukan karakter dan sikap sosial siswa melalui pendekatan integrative dan aplikatif. Nilai-nilai keagamaan dan moral etika ditanamkan melalui keteladanan guru dan kegiatan keagamaan rutin. Sinergi antara guru, wali kelas, dan orang tua memperkuat internalisasi nilai di sekolah dan rumah. Evaluasi yang menyentuh aspek sikap dan perilaku mendorong siswa mengamalkan nilai secara nyata. 2). Faktor pendukung meliputi kreativitas pedagogik, integritas pribadi, budaya religius sekolah, dan dukungan orang tua. Kegiatan tadarus pagi, salat berjamaah, dan peringatan hari besar Islam menjadi sarana efektif pembinaan akhlak. Hambatan utama mencakup rendahnya minat belajar PAI, pengaruh negatif media sosial, penggunaan HP yang berlebihan, serta keterbatasan sarana dan waktu. 3) Dampak pada terbentuknya karakter religius, disiplin, sopan santun, tanggung jawab, empati, dan toleransi siswa. Nilai-nilai ini dibiasakan melalui praktik langsung, membentuk budaya sekolah yang religius dan kondusif, serta menghasilkan generasi beriman, berakhlak, dan siap berkontribusi di masyarakat.


Keywords


Pendidikan Agama Islam; Penguatan Karakter; Sikap Peduli Sosial

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Aly, Hery Nur. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.

Achmadi, Abu dan Cholid Narkubo. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Anggraini, L., & Perdana, R. 2019. Hubungan Sikap dan Percaya Diri Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2).

Arifin, Z. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom. ASCD.

Bandura, A. (2018 ). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall.

Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications.

Departemen Agama RI. 2006. Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, Cet. 4.

Fadilah, S. N. 2019. Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2).

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.

Hannes, N. Y., Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, E., & Nurhayati, N. 2019. Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Sikap Positif Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2).

Hasibuan, M. (2017). Model Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hidayat, R. (2021). Peran Pendidikan dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial di Era Digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 65-74.

Hoffman, M. L. (2000). Empathy and Moral Development: Implications for Caring and Justice. Cambridge University Press.

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Konsep dan Panduan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maslow, A.H. (1970). Motivation and Personality. Harper & Row.

Michael. A., Miles B. Mattahew. & Saldana Johnny, 2014. Qualitative Data Analyzis: A Method Sourcebook (3rd ed.), SAGE Publication: California.

Miles, M.B., & Huberman. 1994. An expanded sourcebook qualitative data analysis. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Narvaez, D. (2006). Integrative Ethical Education. In M. Killen & J. Smetana (Eds.), Handbook of Moral Development.

Nurhadi, D. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 43-52.

Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007. Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. VII. Jakarta: Kalam Mulia.

Rogers, C. R. (1983). Freedom to Learn for the 80s. Merrill Publishing.

Rogers, C.R. (1983). Freedom to Learn for the 80s. Columbus: Merrill.

Rogers, C.R. (1983). Freedom to Learn. Merrill Publishing.

Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Skinner, B.F. (1953). Science and Human Behavior. New York: Macmillan.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius.

Suparta, 2016. Pengantar Teori dan Aplikasi Pengembangan Kurikulum PAI. Jakarta: Rajawali Pres.

Tafsir, Ahmad. 2000. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UNESCO. (2015). Global Citizenship Education: Topics and Learning Objectives. Paris: UNESCO.

Vygotsky, L.S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Widiati, U. (2016). Pendidikan Karakter: Konsep, Implementasi, dan Tantangan. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Winkel, W.S. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Zuhairini dkk. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.

Zuhairini. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press.

Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49019

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.