Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Karakter Siswa Pada SMA 4 Negeri Raja Ampat
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mendeskripsikan kommpetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk Karakter siswa pada SMA Negeri 4 Raja Ampat. Kedua, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter siswa SMA Negeri 4 Raja Ampat. Ketiga, mendeskripsikan dampak kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter siswa SMA Negeri 4 Raja Ampat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 4 Raja Ampat menjadi kunci pembentukan karakter siswa berakhlak mulia. Penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional diterapkan secara terpadu pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Inovasi metode dan pendekatan humanis yang selaras dengan Kurikulum Merdeka membuat pembelajaran relevan, ditopang keteladanan guru serta kerja sama dengan orang tua dan masyarakat. 2) Faktor pendukung meliputi kreativitas pedagogik, integritas pribadi, budaya religius sekolah, dan dukungan orang tua. Kegiatan tadarus pagi, salat berjamaah, dan peringatan hari besar Islam menjadi sarana efektif pembinaan akhlak. Hambatan utama mencakup rendahnya minat belajar PAI, pengaruh negatif media sosial, penggunaan HP berlebihan, serta keterbatasan sarana dan waktu. 3) Dampak pada terbentuknya karakter religius, disiplin, sopan santun, tanggung jawab, empati, dan toleransi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid & Dian Andayani. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. PT Remaja Rosda Karya, Bandung.
Abuddin Nata. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Alfabeta, Bandung.
Afrizal. (2017) Metode Penelitian Kualitatif. Cet. IV;Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Agus Zaenul Fitri. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. ArRuzz Media, Yogyakarta.
Ahsan Masrukhan, (2011). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Sosial di Sd Negeri Kotagede 5 Yogyakarta, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurhia, Surni Kadir. (2023). Peran Kommpetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa SMP Negri 4 Totikum. Journal of Education Management and Islamic Leadership Volume 02 No. 01.
Nur Faiz Zalillah. (2025). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI terhadap Akhlak Siswa Setingkat Sekolah Menengah Atas. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan Volume 5, Nomor 1.
Faizannur. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa DI SMA PGRI 2 Sampit, JUrnal Tarbawi.
Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin, tentang pentingnya keteladanan dalam pendidikan akhlak.
Anwar, M. (2016). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Alfabeta, Bandung.
Arifin, Z. (2012). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bumi Aksara, Jakarta.
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice-Hall.
Bukhari Umar. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah, Jakarta.
Daryanto., Suryatri D. (2013) Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah,: penerbit Gava Media, Yogyakrta.
H.M. Sudiyono, (2009). Ilmu Pendidikan Islam Jilid 1. RinekaCipta, Jakarta.
Hamalik, O. (2012). Manajemen Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Hamdani, H., Beni, A. S. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. CV. Pustaka Setia, Bandung.
Hamid, I. (2018). Karakter Anak Bangsa dalam Perspektif Pendidikan. Jakarta.
Hasan, S. H. (2010). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. PT Bumi Aksara, Jakarta.
Hidayati, N. (2016). Pembelajaran Pendidikan Karakter di Sekolah. Deepublish, Yogyakarta.
Ira M. Lapindus. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2015). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013.
Kohlberg, L. (1981). Essays on Moral Development: The Philosophy of Moral Development.
Kohlberg, L. (1981). Essays on Moral Development: The Philosophy of Moral Development.
Lexy J. Moleong. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Lickona, T. (2015). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. Touchstone.
Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara, Jakarta.
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana, (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook (3rd ed). Sage Publication, California.
Muhammad. (2003). Pendidikan di Alaf Baru Rekontruksi Atas Moralitas Pendidikan: Primashopie, Yogyakarta.
Muhyidin, H. (2011). Kompetensi Guru PAI dan Tantangan Pendidikan Islam. Lkis, Yogyakarta.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profesional. Rosakarya, Bandung.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mulyasa, E. (2018). Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Kompetensi. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Munawar, A. (2016). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter.
Narvaez, D. (2010). Neurobiology and the Development of Human Morality: Evolution, Culture, and Wisdom. W.W. Norton & Company, New York.
Nasution, S. (2010). Beberapa Aspek Pembelajaran yang Efektif. Bumi Aksara, Jakarta.
Nasution, S. (2010). Berpikir dan Belajar Secara Kreatif dan Kritis. Bumi Aksara, Jakarta.
Nasution, S. (2016). Landasan Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Nurhayati, S. (2015). Integrasi Nilai Islam dalam Kurikulum. Rosdakarya, Bandung.
Piaget, J. (1970). Science of Education and the Psychology of the Child. Viking Press.
Ramayulis, (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia, Jakarta.
Salim, S. (2018). Pendidikan Agama Islam: Teori dan Praktik Pembelajaran. Penerbit Kencana, Jakarta.
Sari, A. S. (2015). Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Generasi yang Cerdas dan Berakhlak Mulia. Penerbit Kencana, Jakarta.
Shulman, L. S. (2015). "The Wisdom of Practice: Essays on Teaching, Learning, and Learning to Teach" Jossey-Bass.
Slameto. (2003). Belajar dan Fkator-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Sofyan, M. (2020). Inovasi Pendidikan Agama Islam. UM Press, Malang.
Spencer, L. M., & Spencer, S. M. (1993). Competence at Work: Models for Superior Performance.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo, Bandung.
Sugiono, (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitati. Alfabeta, Bandung.
Arikunto., S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Alfabeta, Bandung.
Suprijono, A. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.
Suryosubroto, B. (2010). Guru dan Pembelajaran di Sekolah. Rineka Cipta, Jakarta.
Suyadi. (2019). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Suyanto, E. (2013). Membangun Karakter Bangsa di Era Globalisasi. Bumi Aksara, Jakarta.
Suyanto, S. (2015). Pendidikan Karakter untuk Membangun Bangsa. Prenadamedia Group.
Suyanto, S., & Asep, J. (2006). Dasar-Dasar Pendidikan. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Taniredja Tukiran dan Mustafa Hidayati. (2013). Penelitian Kualitatif, (Cet. V; Alfabeta, Bandung.
Tilaar, H. A. R. (2009). Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Rineka Cipta, Jakarta.
Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher.
Zainal Abidin, (2008). Filsafat Pendidikan. JRajaGrafindo Persada, Jakarta.
Zubaedi, (2012). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Penerbit Kencana. Jakarta.
Zubaedi, (2018). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana, Jakarta
Zuhdi, M. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Islam. Rajawali Press, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49040
Article Metrics
Abstract view : 40 timesPDF - 19 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities