Internalisasi Nilai- Nilai Pendidikan Islam melalui Inovasi Digitalisasi Pembelajaran PAI di SD SWASTA PAB 5 Klumpang
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam melalui inovasi digitalisasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD SWASTA PAB 5 Klumpang. Latar belakang penelitian berangkat dari tantangan era digital yang menuntut metode pembelajaran lebih kreatif agar mampu menanamkan nilai keislaman tidak hanya pada aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif naratif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi internalisasi nilai dilakukan melalui pemanfaatan aplikasi Islami (misalnya aplikasi Think Qur’an), multimedia Islami (seperti video animasi kisah nabi), serta kolaborasi intensif antara guru dan orang tua dalam membimbing siswa. Penerapan inovasi digital terbukti meningkatkan semangat siswa dalam ibadah, menumbuhkan literasi digital Islami, serta membentuk karakter yang disiplin dan religius. Kesimpulannya, digitalisasi pembelajaran PAI menjadi solusi strategis untuk mengintegrasikan kebutuhan generasi digital dengan misi pendidikan Islam, sekaligus memperkuat sinergi sekolah dan keluarga dalam membentuk pribadi muslim yang berakhlak mulia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
alqur’an online. 2025. “Tulisan-Arab-Alquran-Surat-an-Nahl-Ayat-97.” https://quran.nu.or.id/an-nahl/97.
Anwar, Suaidi, and Minnah El Widdah. 2025. “Rekomendasi Kebijakan Pendidikan Islam.” At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 7 (April): 1–19.
Azhar. 2024. “Transformasi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0.” AL-KARIM INSTITERCOM PUBLISHER 2 (4): 78–91.
Elisa Ade Astarina, Apri Kurniasih. 2022. “Internalizing the Values of Islamic Religious Education Through Strengthening the Pancasila Student Profile Project ( P5 ) at SDIT Insan Permata , Malang City” 2 (1): 12–21.
Faiqotul Abidah, Maftuh. 2025. “Strategi Internalisasi Nilai Pendidikan Islam Moderat Dalam Masyarakat Plural ( Studi Kasus Di Desa Balun Turi Lamongan )” 5 (2): 1766–74. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i2.7250.
Harahap, Umi Maghfirah. 2024. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar: Perspektif Guru.” Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 2 (2): 530–34.
Hesti, Hendra. 2024. “Peran Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran PAI Di SDN 018 Balikapapan Barat.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 2 (1): 173–97. https://www.researchgate.net/publication/371325124_Evaluasi_Pembelajaran_Sebagai_Sebuah_Studi_Literatur.
Jamaluddin. 2021. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Sipakatau Dan Implikasinya Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik MTS Nurhiyah Pambusuang Kecamatan Balanipa Kab. Polewali Mandar.” Jurnal Pendidikan Islam Vol.19 No. (1): 236.
Kasir Ibnu, and Awali Syahrol. 2024. “Peran Dakwah Digital Dalam Menyebarkan Pesan Islam Di Era Modern.” Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta 11 (1): 59–68.
Manshuruddin, Manshuruddin, Muhammad Yunan Harahap, and M. Bayu Sandhya. 2024. “Inovasi Dalam Pendidikan Berbasis Life Skills Di Pondok Pesantren Modern Darul Ma’rifat Deli Serdang.” Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4 (01): 26–34. https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i01.781.
muawanatul et.al. 2023. “Hakikat Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam.” JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 2 (1): 15–26. https://doi.org/10.58788/jipi.v2i1.3367.
Muvid, Muhamad Basyrul et.al. 2024. DIGITALISASI PENDIDIKAN Upaya Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Di Tengah Fenomena Artificial Intelligencе. https://repository.iainmadura.ac.id/1096/1/BUKU - Unesco Digitalisasi Pendidikan.pdf.
Nuryadi, Lalu Rusmin, Padlurahman Padlurahman, and Mashun Mashun. 2024. “Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Program Tahfidzul Qur’an.” Educatio 18 (2): 211–22. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24996.
Online, Alqur’an. n.d. “Al-Mujadilah : 11.” https://quran.nu.or.id/al-mujadilah/11.
Ramadhan, Rachmat. 2024. The Role of Digital Innovation in Mediating the Influence of Digital Leadership and Digital Capability on Business Performance in the Event/ MICE Industry in Indonesia. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science. Vol. 5. https://doi.org/10.38035/dijemss.v5i6.2950.
Sharifudin, Khabib. 2025. “STRATEGY FOR MANAGING ISLAMIC EDUCATION IN THE DIGITAL ERA : OPPORTUNITIES AND CHALLENGES,” no. January, 195–205.
sholihin, et all. 2022. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development 1 (12): 1231–51. https://doi.org/10.59141/comserva.v1i12.197.
Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.
Sujiono, Duta Bahagia Rizki, Cindy Novianti, and Muhammad Wahyudi. 2024. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” AT-TARBIYAH 7 (2): 762–71. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i1.718.
Sundari, Ika, Rizki Hafni Rambe, and Indah Ramadhani Putri. 2024. “Integrasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran PAI Di Era Digitalisasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri” 5 (1): 65–74.
Thalib, Mohamad Anwar. 2022. “Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Dalam Metode Kualitatif Untuk Riset Akuntansi Budaya.” Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2 (1). https://doi.org/10.23960/seandanan.v2i1.29.
Tumiran, Bahtiar Siregar, Nanda Rahayu Agustia, Faiza Azhari. 2024. “Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Digitalisasi (Studi Kasus Di Mas Tarbiyah Islamiyah Kec. Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang),” 542–51. papers3://publication/uuid/0446B9CB-927C-4889-81BB-AA9CD0C7F947.
Tumiran, Siregar, Bahtiar, Nanda Rahayu Agustia, and Faiza Azhari. 2024. “Optimalisasi Kompetensi Guru Melalui Workshop Inovasi Pembelajaran Berbasis Digitalisasi Di Mas Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang” 4 (6): 253–60.
Widiastuti, Nur, Etika Pujianti, and Rina Setyaningsih. 2023. Interalisasi Nilai Nilai Keislaman.
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49060
Article Metrics
Abstract view : 45 timesPDF - 21 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities