Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Siswa di SD Negeri 21 Usaha Jaya Kabupaten Raja Ampat
Abstract
Penelitian ini bertujuan: pertama, menganalisis peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa di SD Negeri 21 Usaha Jaya Raja Ampat; kedua, menganalisis pelaksanaan PAI dalam pembentukan karakter siswa di SD Negeri 21 Usaha Jaya Raja Ampat; dan ketiga, menganalisis faktor pendukung dan penghambat PAI dalam pembentukan karakter siswa di SD Negeri 21 Usaha Jaya Raja Ampat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan beberpa tahapan seperti pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembentukan karakter siswa di SD Negeri 21 Usaha Jaya Raja Ampat dilakukan secara strategis melalui peneladanan guru PAI dalam menunjukkan kejujuran, kesopanan, kesabaran, dan disiplin. Nilai-nilai karakter diintegrasikan ke dalam pembelajaran dan praktik sehari-hari seperti shalat dan sopan santun, didukung oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum melalui rencana pembelajaran dan pelatihan. Kolaborasi dengan orang tua membantu memastikan kesinambungan nilai-nilai antara sekolah dan rumah; 2) Penerapan nilai-nilai karakter oleh guru di SD Negeri 21 Usaha Jaya Raja Ampat bersifat holistik, menggunakan peneladanan dan pembiasaan positif. Guru PAI dan guru lainnya secara konsisten menunjukkan kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan sopan santun baik di dalam maupun di luar kelas. Nilai-nilai karakter juga dipupuk melalui rutinitas sehari-hari seperti shalat berjamaah, salam pagi, antri, dan menjaga kebersihan; 3) Faktor pendukung peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa meliputi keteladanan, pembiasaan positif, kolaborasi dengan orang tua, dan kegiatan ekstrakurikuler. Sistem penghargaan juga memperkuat perilaku positif siswa. Namun, tantangannya meliputi kurangnya dukungan keluarga, pengaruh media sosial, dan inkonsistensi antar guru. Oleh karena itu, pendidikan karakter perlu diimplementasikan secara holistik dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam Bandung: PT Remaja
Abdul Mujib, Ilmu Penididkan Islam,Cet. 1, Jakarta: Kencana Prenada Media , 2006.
Abdul Mujib, Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. 2, Jakarta: Kencana Prenada Media Group , 2008.
Abuddin Nata. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana. 2011
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Akbar, Sa’dun., Best Practise Pendidikan Karakter SD. Malang: UM Press, 2016.
Akmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Al-Ghazali, Imam., Ihya Ulumuddin. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2013.
Ali, Muhammad, Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Al-Qaradawi, Yusuf., Fikih Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2017.
Arifin, Zainal. Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo, 2014.
Bandura, A Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall. (1977).
Binti Maunah, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2009.
Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2011.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.
Dewey, John., Experience and Education. Kappa Delta Pi, 1938.
Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: PT Grasindo 2007.
Fitriyani, R., Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 2018.
Goleman, D. Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. Bantam Book, 2011.
H.M. Sudiyono, Ilmu Pendidikan Islam Jilid 1, Jakarta: RinekaCipta, 2009.
Hamdani Hamid dan Beni Ahmad Saebani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2013.
Hamid, D. & Sa’adiyah, E., Pendidikan Akhlak dalam Islam. Jakarta: Prenadamedia Group, 2020.
Hasil Wawancara, Bapak Kepala Sekolah SD Negeri 21 Usaha Jaya Raja Ampat
Istighfatur Rahmaniyah, 2010, Pendidikan Etika, Malang: UIN Maliki Press.
J molong, Metode penelitian kualitatif , Bandung : PT Remaja Rosdakarya , 2007.
Jamal Ma’mur Asmani, fiqih Sosial Kiai Sahal Mahfudz Antara Konsep dan Iplementasi, Surabaya, Khalista, 2007.
K.H Dewantara, Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Tamansiswa. (1977).
Kemendiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Puskur, 2010.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Pedoman Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta: Kementerian Agama, 2019.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2022 Pedoman Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Kemendikbud
Khadduri, A. L. The Islamic Concept of Education and Its Role in Character Building. (Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2016.
Khadduri, A. L., The Islamic Concept of Education and Its Role in Character Building. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2016.
Kohlberg, L. Essays on Moral Development, Volume II: The Psychology of Moral Development. San Francisco: Harper & Row. 1984
Lickona, Thomas, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books. 1991.
M. Syaifuddien Zuhriy, Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter pada Pondok Pesantren Salaf, Volume 19 No. 2, November 2011.
Miles, M.B, Huberman, dan Saldana, J. 2014, Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3, Terj. Tjetjep Rohindi Rohidi, Jakarta: UI Press.
Moh. Uzer, Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Mohammad Takdir Ilahi, Gagalnya Pendidikan Karakter: Analisis dan Solusi Pengendalian Karakter Emas Anak Didik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Muchlas Samani dan Hariyanto, Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Muhammad bin Yazid bin Majah al-Qazwaini, Sunan Ibnu Majah, Beirut: Dar al-Fikr, 1983.
Muhammad, 2003, Pendidikan diAlaf Baru Rekontruksi Atas Moralitas Pendidikan, Yogyakarta: Primashopie.
Mulyasa, E., Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya 2010.
Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Narvaez, D. Embodied morality: Protectionism, engagement and imagination. Springer Science & Business Media 2010.
Nasution, S. Teori-Teori Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Novi Irawan Nahar. Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Ilmu Penegetahuan Sosial.vol I Desember, 2016.
Nugroho, M., Pendidikan Karakter dalam Islam dan Implikasinya dalam Pendidikan Formal. Jurnal Pendidikan Islam 2017.
Nur Isna Aunillah, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Laksana, 2011.
Nurdin, S., Menguatkan Pendidikan Agama dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jakarta: Lembaga Pendidikan, 2019.
Observasi , SD Negeri 21 Usaha Jaya Raja Ampat
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.
Rest, J. R. Moral development: Advances in research and theory. Praeger Publishers 2011.
Ridwan Abdullah Sani, Pendidikan Karakter di Pesantren, Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis, 2010.
S. Nasution, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Tarsito, 2003.
Seligman, M. E. P. Flourish: A visionary new understanding of happiness and well-being. Free Press 2011.
Seligman, Martin E. P, Positive Psychology: An Introduction. American Psychologist. 2002.
Skinner, B. F. About Behaviorism. New York: Alfred A. Knopf. 1974
Slameto. Belajar dan Fkator-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.
Sri Minarti, Ilmu Penididkan Islam Fakta Teoretis-Filosofis & Aplikatif-Normatif, Cet. 2, Jakarta: Amzah, 2016.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta. 2008.
Sya’roni, D., Peran Guru Agama dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 2021.
Ulil Amri Syafri, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Vygotsky, L. S. Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press. 1978.
Wahyudi, A ,. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam dan Implikasinya pada Pengajaran Agama Islam di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam 2018.
Wahyudi, A . Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam dan Implikasinya pada Pengajaran Agama Islam di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam 2018.
Wisnarni, “Implikasi Guru Profesional Dalam Pembentukan Karakter Siswa” JurnalTarbawi, (Jambi: Institut Agama Islam Negeri Kerinci), No. 01 Juli 2018
Wye dalam Musfah, Pendidikan Karakter: Sebuah Tawaran Model Pendidikan Holistik Integralistik, Jakarta: Prenada Media, 2011.
Zainal Abidin, Filsafat, Penididkan Islam Pengantar ke Arah Pemikiran Kependidikan dalam Islam, STAIN Jurai Siwo Metro Lampung, 2014.
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Zainuddin, A. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Surabaya: Falah Production, 2021.
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendiidkan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Zubaidi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, 2013.
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49107
Article Metrics
Abstract view : 35 timesPDF - 48 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities