Pengaruh Penggunaan Microsoft 365 terhadap Efektivitas dan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Raja Ampat

La Haja, Bambang Sunatar, Muhammad Huzain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Microsoft 365 terhadap efektivitas dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Raja Ampat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori dan melibatkan 116 siswa sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Microsoft 365 berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran (koefisien jalur = 0,505; t-statistik = 4,419; p-value = 0,000) dan terhadap evaluasi pembelajaran (koefisien jalur = 0,360; t-statistik = 2,810; p-value = 0,005). Nilai R-Square untuk efektivitas sebesar 0,255 dan evaluasi 0,130 yang termasuk kategori moderat. Seluruh instrumen penelitian memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi Microsoft 365 dalam proses pembelajaran PAI untuk meningkatkan efektivitas belajar, transparansi, serta kepuasan siswa dalam evaluasi. Implikasi penelitian ini yaitu pemanfaatan teknologi perlu terus dikembangkan dan disertai pendampingan agar hasil belajar optimal

Keywords


Microsoft 365; Efektivitas Pembelajaran; Evaluasi; Pendidikan Agama Islam; SMA Negeri 1 Raja Ampat

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Fatoni. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Adi Pratomo & Ronny Mantala. (2016). Pengembangan Aplikasi Ujin Berbasis Komputer Beserta Analisis Uji Guna Sistem Perangkat Lunaknya Menggunakan Metode Sumi (Software Usability Measurement Inventory). Jurnal Positif, 1.

Albert Efendi Pohan. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah (Sarnu Untung).

Anas Sudijono. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Ani Sopiani. (2011). Sukses menjadi Pendidik Karakter Siswa. Depok: Literatur.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arum Serina Putri, et al. (2022). Studi Literatur: Efektivitas Penggunaan Microsoft Teams 365 terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online Akuntansi. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), Vol. 2, No. 8.

Asye Rachmawaty. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri 43 Bandung. Jurnal Teknologi dan Komunikasi, Vol.1, No.1, Juni.

Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th Edition). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Daradjat & Wahyudhiana. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina, Vol. XIV, No. 1.

Duwi Priyatno. (2010). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Jogjakarta: Mediakom.

E. Mulyasa. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah (Edisi 1). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Elis Ratnawulan, dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Fayaz Mahassin Syifa’i Adienk. (2022). Optimalisasi Microsoft 365 dalam Pembelajaran Daring PAI. Jurnal Pendidikan Islam.

Fitri Maiziani. (2016). Efektivitas Computer Based Testing Sebagai Sarana Tes Hasil Belajar. Jurnal Kiprah, Vol. 4, No. 1.

Fitzpatrick, J.L., Sanders, J.R., & Worthen, B.R. (2011). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines (4th Edition). Boston: Pearson.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, R. B. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Persepsi dan Kemampuan Komunikasi Penggunaan Microsoft Teams 365 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Edueco, 6(1).

Harahap, R. B. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Dan Kemampuan Komunikasi Penggunaan Microsoft Teams 365 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Edueco, Vol. 6, No. 1.

Hasbullah. (2008). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Herlina Darsono, dkk. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Saat Pandemi Covid-19 (Kajian di Politeknik Negeri Bandung). hal. 26–27.

Husaini Usman & Purnomo Setiady Akbar. (2008). Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Idris. (2015). Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Potensia, 1(2).

Iga Rosalina. (2012). Kamus Ilmiah Populer. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Irmayanti, et al. (2023). Efektivitas Penerapan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Tadris Matematika (JTMT), 4(1).

Irmayanti1, et al. (2023). Efektivitas Penerapan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Tadris Matematika (JTMT), Vol. 4, No. 1.

Isnaini Maratus Sholihah, et al. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Secara Daring pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Sains, Vol. 3, Nomor 1.

Jogiyanto, H.M. (2020). Konsep dan Aplikasi Partial Least Square (PLS) untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Juliansyah Noor. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Karwono & Heni Mularsih. (2018). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar (Cetakan 2). Depok: Rajawali Press.

Lantip Diat Prasojo & Riyanto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Latifah Hanum. (2022). Pengaruh Media Microsoft Teams terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMAN 13 Kota Bekasi. Jurnal Turats, 15(2).

M. Chusnuts Tsawab, dkk. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Mts Nu Banat Kudus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2.

Madiyo Kasihadi. (1985). Dasar-Dasar Pendidikan (Cetakan 1). Semarang: Effhar Publishing.

Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad Ali Gunawan. (2015). Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Muhammad Rozi Yerusalem, Adian Fatchur Rochim & Kurniawan Teguh Martono. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(4).

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nanang Martono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Novrianti. (2014). Pengembangan Computer Based Testing (CBT) Sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar. Lentera Pendidikan, 1.

Nurhadi, dkk. (2011). Evaluasi Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: PT Multi Kreasi Satu Delapan.

Ongki Alexander & Ahmad Syafei. (2021). Tutorial Penginstalan Windows 10 dan Office 365. Bandung: Media Sains Indonesia.

Pius Abdillah & Danu Prasetya. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Arloka.

Puguh Suharso. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bisnis. Jakarta: Permata.

Saiful Bahri, et al. (2012). Algoritma Random Pada Computer Based Test Penerimaan Mahasiswa Baru STTA Yogyakarta. Compiler, 2.

Safrudin, S., Suprapto, E., & Abdulloh, R. (2023). Analisis Tematik pada Penelitian Pendidikan Islam Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1).

Saleh, M. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sawaluddin. (2018). Konsep Evaluasi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Al-Thariqah, Vol. 3, No. 1.

Soeratno & Lincolin Arsyad. (1995). Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syofian Siregar. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uliansyah Noor. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Umar Sidiq. (2019). Analisis Data Kualitatif: Teori, Teknik, Praktik (dengan Software NVivo). Yogyakarta: Samudra Biru.

Widya Sari, Andi Muhammad Rifki & Mila Karmila. Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Covid-19.

Wina Sanjaya. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Yadianto. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: M2s.

Yarudin, et al. (2022). Developing Microsoft 365 Modules for Islamic Religious Education and Character Education: A Constructivist Theory Approach. Journal of Islamic Education Research, 4(2).

Zaenal, Mukarom & Rusdiana. (2017). Komunikasi dan Teknologi Informasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Zainal Arifin. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49108

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.