Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di SD 01 Aisyiyah Raja Ampat

Marzuki Marzuki, Surahman Amin, Hasbiah Hasbiah, Hasbullah Hasbullah, Andi Ahriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis bagaimana model kepemimpinan kepala sekolah bertransformasi dalam mengembangkan budaya literasi di SD 01 Aisyiyah Raja Ampat. Fokus utama kajian adalah pada strategi, tantangan, dan praktik kepemimpinan yang diterapkan untuk membangun budaya membaca dan menulis di lingkungan sekolah dasar, khususnya di daerah terpencil. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran sentral sebagai inovator, motivator, dan fasilitator dalam menggerakkan seluruh warga sekolah untuk membentuk ekosistem literasi yang berkelanjutan. Strategi yang diterapkan mencakup keteladanan, pembentukan tim literasi, pelibatan orang tua dan komunitas, serta pemanfaatan teknologi digital. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan rendahnya partisipasi awal guru, kepala sekolah mampu mengatasinya melalui kolaborasi, pelatihan berkelanjutan, dan pendekatan transformatif. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya kepemimpinan transformasional yang berorientasi pada visi, inovasi, dan partisipasi luas dalam mendorong literasi di sekolah dasar

Keywords


kepemimpinan kepala sekolah; budaya literasi; transformasi; pendidikan dasar; literasi sekolah

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2005). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Achmadi, A., & Narkubo, C. (2005). Metode penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Kudus: Pilar Nusantara.

Anissatul Mufarrokah. (2009). Strategi belajar mengajar. Yogyakarta: Teras.

Anderson, M. (2017). Transformational leadership in education: A review of existing evidence. Academic Press.

April, E., Miasih, & Hasanah. (2021). Pengembangan budaya literasi di sekolah dasar. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational leadership (2nd ed.). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Budaya. (2024). Dalam KBBI daring. Diakses pada 24 Maret 2024 dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/budaya

Daryanto. (2001). Administrasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Day, C., Gu, Q., & Sammons, P. (2011). Successful school leadership: Linking with learning and achievement. Open University Press.

Dewi, L. R., Naamy, N., & Malik, A. (2023). Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi di SMPN 3 Praya dan SMPN 4 Praya Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 779–785. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1328

Ekowati, D. W., et al. (2019). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(1), 93–103.

Falentin, E., & Roesminingsih, E. (2021). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi di sekolah menengah pertama. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 817–832.

Farhan, M. (2023). Transformasi kepemimpinan transformasional-religius dalam mengembangkan prestasi literasi MA Islamiyah Senori Tuban (Disertasi, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri).

Fitryarini, I., et al. (2016). Literasi media pada mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi.

Furbani, W. (2024). Penguatan budaya literasi di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Greenleaf, R. K. (2002). Servant leadership: A journey into the nature of legitimate power and greatness. Paulist Press.

Hallinger, P., & Heck, R. H. (1998). Exploring the principal’s contribution to school effectiveness: 1980–1995. School Effectiveness and School Improvement, 9(2), 157–191.

Hallinger, P., & Heck, R. H. (2010). Leadership for learning: Does collaborative leadership make a difference in school improvement? Educational Management Administration & Leadership, 38(6), 654–678.

Imam Suparyogo. (2001). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Imam Suprayono. (1999). Revormasi visi pendidikan Islam. Malang: Stain Press.

Indrasari, H. (2021). Manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi di SMAN 2 Wawo Kabupaten Bima (Tesis tidak dipublikasikan, UIN Mataram).

Indrasari, H. (2022). Manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi: Studi kasus di SMAN 2 Wawo Tahun Pelajaran 2021 (Disertasi, UIN Mataram).

Johanes, V. E., Suroyo, & Budiastra, A. A. K. (2022). Analisis hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan literasi digital dengan kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Manajemen, 6(2), 75–84.

Khozin, K. (2021). Strategi meningkatkan budaya literasi di lingkungan pendidikan. Jurnal Pendidikan Literasi, 3(1), 45–59.

Kompri. (2017). Standarisasi kompetensi kepala sekolah: Pendekatan teori untuk praktik profesional. Jakarta: Kencana.

LATIP, Abdul. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116.

Leithwood, K., Day, C., Sammons, P., Harris, A., & Hopkins, D. (2004). Seven Strong Claims about Successful School Leadership. Nottingham: National College for School Leadership.

Leithwood, K., & Jantzi, D. (2005). Transformational leadership. Dalam B. Davies (Ed.), The essentials of school leadership (hlm. 31–43). Sage Publications.

Lexy J. Moleong. (1993). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Literasi. (2024). Dalam KBBI daring. Diakses pada 24 Maret 2024 dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi

Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan literasi dini melalui kerjasama keluarga dan sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Masnun, M. (2023). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun lingkungan sekolah yang literat di era pasca pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 41–50.

Miftah, M. N., Rizal, E., & Anwar, R. K. (2016). Pola literasi visual infografer dalam pembuatan informasi grafis (infografis). Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 4(1), 87–94.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). USA: SAGE Publications.

Muttaqin, B. (2023). Model kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya mutu di SMAN 2 Tanggul. Journal of Comprehensive Science, 2(2), 569–576. https://doi.org/10.5281/zenodo.10014325

Nana Sudjana, & Kusuma, A. (2002). Proposal penelitian di perguruan tinggi. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nashrullah, M. (2023). Metode penelitian pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Ni Nyoman Padmadewi, & Artini, L. P. (2018). Literasi di sekolah: Dari teori ke praktik. Bali: Nilacakra.

Nikko. (2024). Inovasi kepemimpinan dalam pengembangan literasi sekolah. Malang: Bumi Aksara.

Northouse, P. G. (2016). Leadership: Theory and Practice (7th ed.). Sage Publications.

Nurwahidah, I., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah meningkatkan kecakapan multiliterasi di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan Dasar, 13(1), 23–34.

Park University. (2025). The Four I’s of Transformational Leadership in School Environment. Park University Press.

Pradana, A., & Martha. (2013). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kinerja karyawan: Studi kasus pada karyawan tetap PT. Mustika Bahana Jaya. Lumajang: Universitas Brawijaya.

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80.

Purnomo, S. H. (1996). Manajemen strategi: Sebuah konsep pengantar. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Qur’an Kemenag. (2019). Surat Al-Alaq dan Az-Zumar. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Rachmat. (2014). Manajemen strategik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Rahmawaty, M. E., & Karwanto. (2021). Strategi kepala sekolah dalam upaya memotivasi minat membaca buku digital siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Rama, I. (2023). Literasi di abad 21: Tantangan dan solusi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2012). Management (11th ed.). Pearson Education.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku organisasi (Edisi ke-12). Jakarta: Salemba Empat.

Rosdiana, E., & dkk. (2022). Kepemimpinan masa depan. Global Angkasa Pers.

Saifuddin Azwar. (1998). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saifullah. (2006). Buku panduan metodologi penelitian. Malang: Fakultas Syariah UIN.

Safaria, T. (2004). Kepemimpinan (Edisi pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudarwan Danim. (2006). Visi baru manajemen sekolah. Bandung: Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2005). Penilaian hasil proses belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2021). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparyana, A., & Rejokirono, R. (2023). Manajemen kepala sekolah dalam memperoleh prestasi budaya literasi. Media Manajemen Pendidikan, 6(1).

Tinjak, M. B. (2023). Pengembangan budaya sekolah melalui kepemimpinan transformasional di SMK Negeri 4 Tebing Tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(1), 55–63.

Wahyosumidjo. (2002). Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Grafindo Persada.

Winarno Surakhman. (1994). Pengantar penelitian ilmiah. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49109

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.