Transformasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) dalam Mengembangkan Syiar Pendidikan Agama Islam Berbasis Al-Qur’an di Kabupaten Raja Ampat

Abdul Surfin Seseray, Sudirman Sudirman, Fardan Abdillah, Muhammad Arsyad Ambotuo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: pertama menganalisis transformasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Raja Ampat dalam mengembangkan syiar pendidikan agama Islam berbasis Al-Qur’an di wilayah kepulauan yang memiliki tantangan geografis; kedua mengidentifikasi strategi dan program yang dilaksanakan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan Al Qur’an; ketiga mengungkap faktor pendukung dan penghambat proses transformasi; keempat mengevaluasi dampak transformasi terhadap prestasi, pemerataan akses, dan pembentukan karakter Qur’ani masyarakat.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi, lalu divalidasi melalui triangulasi sumber. Subjek penelitian meliputi pengurus LPTQ, guru/pelatih Al-Qur’an, tokoh agama, peserta program, dan pihak terkait lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama LPTQ berhasil berubah dari pelaksana kegiatan seremonial menjadi agen pendidikan komunitas yang berkelanjutan; kedua program strategis mencakup pembinaan intensif, pelatihan dewan hakim, peningkatan kualitas guru ngaji, serta penyelenggaraan MTQ, STQH, 100 Hadits Bersanad, dan Karya Tulis Ilmiah; ketiga capaian prestasi di tingkat provinsi dan nasional meningkat signifikan, termasuk pada kategori tilawah, hifzil, fahmil, syahril, dan karya tulis; keempat tantangan masih ada di beberapa cabang lomba dan keterbatasan akses wilayah terpencil sehingga perlu inovasi pembinaan berbasis teknologi dan kolaborasi lintas lembaga.

Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi pemerintah daerah, lembaga keagamaan, dan pemanfaatan teknologi untuk penguatan syiar Al-Qur’an di daerah 3T secara adaptif, inklusif, dan berkelanjutan

Keywords


Transformasi; LPTQ; Syiar Islam; Pendidikan Al-Qur’an; Raja Ampat

Full Text:

PDF

References


Abdul Mujib & Jusuf Mudzakkir. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Abdurrahman Fatoni. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad. (2020). Manajemen Transformasi. Makassar: NasMedia Pustaka.

Ahmad D. Marimba. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Ahmad Dahlan. (2010). Pendidikan Islam Berbasis Al-Qur'an: Pendekatan, Konsep, dan Implementasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ahmad Tafsir. (1992). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ali Mahfudz. (2023). Ilmu Dakwah Kontemporer. Jakarta: Kencana.

Aly, H. N. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Raja Ampat. (2024). Raja Ampat Dalam Angka 2024. Raja Ampat: BPS Kabupaten Raja Ampat.

Berger, P. L., & Luckmann, T. (1966). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. New York: Anchor Books.

Departemen Agama RI. (2005). Pedoman Umum LPTQ. Jakarta: Dirjen Bimas Islam.

Fauziah, N., Melinda, S., & Zainil, M. (2020). Implementasi Metode Talqin dalam Pembelajaran Tahfizhul Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 210-223.

Fauzi, M. (2023). Strategi Pembinaan Tilawatil Qur’an di Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 150–162.

Hamzah Ya’kub. (2024). Metode Dakwah di Era Digital. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Hasan, S. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta.

Hidayati, N. (2021). Teori Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Alfurqon, 8(1), 101-115.

Harahap, M. I., Limbong, P. A. B., & Fauziah, F. (2023). Pola Manajemen Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara. Islamika, 5(2), 510–521.

Kemenag RI. (2024). Peta Jalan LPTQ 2024–2029 Menuju Indonesia Emas 2045. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Khalil, Y. S. H. (2024). Pengembangan Pendidikan Islam: Membentuk Masyarakat Qur’ani. Tarbiyah Islamiyah, 9(2), 64-71.

Khakimah, F. (2023). Strategi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an untuk Meningkatkan Prestasi di Lumajang. Jurnal Ilmu Keislaman Indonesia, 8(1), 45–52.

Lestari, S. (2023). Pembelajaran Interaktif Al-Qur’an di Wilayah 3T. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(4), 230–239.

Maskuroh, L., & Ningsih, T. (2023). Transformasi Sosial di Lembaga Pendidikan dan Dampaknya pada Masyarakat. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 131–140.

Mashuri, S. (2024). Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Al-Qur’an. Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 53-67.

Mezirow, J. (1978). Perspective Transformation. Adult Education Quarterly, 28(2), 100–110.

Mezirow, J., & Marsick, V. J. (1978). Education for Perspective Transformation: Women's Re-entry Programs in Community Colleges. New York: Teachers College, Columbia University.

Moleong, L. J. (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munardi. (2004). Ta’dib dan Konsep Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Musthofa Rahman. (2001). Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution, K. A., Abdullah, R., & Syafii, M. (2022). Inovasi Lembaga Keagamaan dalam Pengembangan Pendidikan Al-Qur’an di Wilayah Kepulauan. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 185–197.

Portal Kabupaten Raja Ampat. (2023). Raja Ampat dalam Angka 2023. Raja Ampat: BPS Kabupaten Raja Ampat.

Rahman, A. (2022). Strategi Syiar Berbasis Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Ronaldi, A. (2022). Dakwah dan Kompetisi Seni Baca Al-Qur’an: Studi atas Musabaqah Tilawatil Qur’an di Provinsi Jambi. [Tesis Magister, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta].

Sa’diah, H. (2025). Pendidikan Anak dalam Perspektif Al-Qur’an. Al-Mujahidah, 6(1), 229–335.

Sari, D., Yulianti, F., & Rahmawati, S. (2023). Kelembagaan dan Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(3), 210–224.

Sidqi, A., & Kinasih, M. (2025). Penerapan Metode Tilawati dalam Literasi Qur’ani di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Yasin, 7(1), 23–34.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian–Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulaiman, A. (2016). Transformasi Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 5(1), 45–54.

Suryana. (2023). Ketekunan Pengamatan dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 55–68.

Wargono. (2022). Kontribusi Ikatan Pendidik Qur’an dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar BTQ Guru Madrasah Diniyah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 32–47.

Zayadi, M. (2023). Indeks Literasi Al-Qur’an dan Peran LPTQ dalam Meningkatkan BTQ Masyarakat Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 12(4), 180–197.

Zakaria, A. (2022). Transformasi Sosial Modern dalam Pendidikan Islam. Jurnal Sosial Keagamaan, 5(2), 99–113.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Suryana. (2023). Ketekunan Pengamatan dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 55–68.

Zakaria, A. (2022). Transformasi Sosial Modern dalam Pendidikan Islam. Jurnal Sosial Keagamaan, 5(2), 99–113.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49111

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.