Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak Broken Home di Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan

Suci Ananda Retno, Mhd Habibu Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola asuh orang tua dalam membina akhlak anak-anak broken home di Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan. Fenomena meningkatnya angka perceraian di wilayah tersebut menimbulkan dampak sosial dan moral yang signifikan, terutama terhadap perkembangan akhlak anak-anak yang dibesarkan dalam kondisi keluarga yang tidak utuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola asuh dominan yang diterapkan oleh orang tua tunggal, yaitu pola permisif dan pola otoritatif. Pola permisif cenderung muncul akibat tekanan ekonomi dan psikologis, sementara pola otoritatif yang menggabungkan afeksi dan kontrol terbukti lebih efektif dalam pembinaan akhlak anak. Anak-anak yang diasuh secara otoritatif menunjukkan perilaku yang lebih positif dan stabil, sedangkan anak-anak dari pola permisif cenderung mengalami penyimpangan perilaku. Selain itu, tantangan utama yang dihadapi orang tua meliputi tekanan ekonomi, beban pengasuhan tunggal, dan stigma sosial. Dalam mengatasi tantangan tersebut, pendekatan spiritual berbasis nilai-nilai Islam terbukti menjadi penopang penting dalam membentuk akhlak anak. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi orang tua tunggal, tenaga pendidik, dan masyarakat dalam memahami strategi pengasuhan yang efektif di tengah realitas keluarga broken home.

Keywords


Pola Asuh, Akhlak Anak, Keluarga Broken Home, Otoritatif, Medan Marelan.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. (2023). Statistik perceraian. https://sumut.bps.go.id

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. (2024). Statistik perceraian. https://sumut.bps.go.id

Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran (4th ed., A. Fawaid, Trans.). Pustaka Pelajar.

Data Pengadilan Agama Medan. (2023). Statistik perkara cerai tahun 2023. PA Medan.

Daulay, R. S., & Rangkuti, C. (2024). Analisis kesehatan mental dan implikasinya terhadap pendidikan dalam perspektif Ibnu Sina. ALACRITY: Journal of Education.

Elfina Sari, & Siregar, B. (2023). Penguatan akhlak anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan gambar di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan. Proceeding of The 7th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education.

Elsa, & Danny Abrianto, P. (2022). Implementasi manusia ideal dalam perspektif Muhammad Iqbal. Skripsi : Universitas Pembangunan Panca Budi.

Fitriyani. (2015). Pola asuh orang tua dan dampaknya terhadap perilaku anak. Remaja Rosdakarya.

Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran lingkungan keluarga dalam pembentukan karakter. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 240–246. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3365/2189

Harahap, M. Y., & Efendi, M. (2023). Tazkiyatun nafs dalam membentuk akhlakul karimah. Green Pustaka Indonesia.

Imron, A., & Bagus, H. (2019). Dampak broken home terhadap perilaku remaja di lingkungan sekolah. [Artikel tidak dipublikasikan secara formal].

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2023). KBBI daring. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbudristek.

Lestari, S., & Wahyuni, D. (2022). Pendekatan keagamaan dalam pola asuh anak broken home. Jurnal Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam, 8(1), 44–59.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Muhammad Zaki. (2014). Perlindungan anak dalam perspektif Islam. Asas: Jurnal Pemikiran Hukum Islam, 6(2).

Naldi, A., Putra, R. A., Satio, W., & Gusmaneli. (2024). Metode membentuk akhlak mulia dalam pendidikan Islam. JMPAI: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 244–248. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.202

Nasution, H. G. (2024). Pola asuh orang tua dalam membentuk kepribadian pada anak di RT 04 RW 08 Kelurahan Tangkerang Barat Kota Pekanbaru. http://repository.uin-suska.ac.id/78557/

Nopita Sari Harahap, & Lubis, H. S. (2023). Strategi madrasah dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MTS Al-Washliyah Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman.

Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054

Nuraeni, S. (2022). Pola Asuh Otoritatif dalam Pembentukan Karakter Anak di Lingkungan Keluarga Single Parent. Jurnal Parenting Islami, 6(2), 102–115.

Nurhasanah, S., & Rahmawati, A. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif terhadap Perilaku Anak di Keluarga Tunggal. Jurnal Psikologi Islam, 5(2), 112–123.

Octavia, N. A. (2021). Pola pengasuhan anak antar generasi dalam masyarakat jejaring (Studi kasus pada etnis Bugis di Kota Makassar). https://stikespanakkukang.ac.id/assets/uploads/alumni/8a827536b6809e5871a87340e2594ad8.pdf

Pengadilan Agama Medan. (2024). Laporan statistik perkara perceraian tahun 2023–2024. PA Medan.

Putri, A. K., & Lestari, E. D. (2022). Pola asuh orang tua tunggal terhadap perkembangan moral anak. Jurnal Psikologi dan Perilaku Sosial, 7(2), 101–114.

Rahman, M. H., & Kencana, R. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: Panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.

Rahman, M. H. (2019). Metode mendidik akhlak anak dalam perspektif Imam Al-Ghazali. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(2), 30. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5459

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Sekretariat Negara.

Rimaisya, A. A. L. (2023). Perilaku sosial mahasiswa dari keluarga pola pengasuhan otoriter (strict parents) (Kasus mahasiswa Universitas Hasanuddin). [Skripsi, tidak dipublikasikan secara formal].

Rita, N., Hadi, S. P., & Almanah, R. (2024). Parenting dalam pembentukan karakter islami AUD melalui kegiatan merdeka belajar. CV Tahta Media Group.

Sari, E., & Siregar, B. (2023). Penguatan akhlak anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan gambar di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 7(November), 129–135. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/1369

Santrock, J. W. (2020). Life-span development (17th ed.). McGraw-Hill Education.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan karakter bagi remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 256–269.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Sage Publications.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49135

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.